Digeledah KPK, Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Jadi Tontonan Warga BREAKING! KPK Geledah Rumah Bupati HSU, Spanduk Panjang Membentang Rumahnya Digeledah KPK, Bupati HSU Abdul Wahid Menghilang Jumlah Kesembuhan Covid-19 di Tanbu Capai 5.593 Pasien KPK Obok-Obok Rumah Bupati HSU, Kapolres Angkat Suara

Tim BirinMu Buka-bukaan Soal Sosok Aman Seteru Jurkani di Safari Denny

- Apahabar.com     Kamis, 1 April 2021 - 19:42 WITA

Tim BirinMu Buka-bukaan Soal Sosok Aman Seteru Jurkani di Safari Denny

Koordinator Hukum H2D saat terlibat perseteruan dengan seorang warga bernama Aman yang diduga bagian dari tim pemenangan BirinMu. Foto: Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Tim Sahbirin-Muhidin (BirinMu) akhirnya buka-bukaan mengenai sosok Salmansyah (62) alias Aman seteru Jurkani di safari subuh Denny Indrayana.

Aman terlibat perselisihan dengan Jurkani, Koordinator Hukum H Denny-Difriadi (H2D). Cekcok keduanya terjadi di safari subuh Denny di Jalan Prona I, Pemurus Baru, Rabu (31/3) pagi.

Dari beberapa fakta yang diungkap H2D, Aman diduga bagian dari tim pemenangan BirinMu saat Pilgub Kalsel 2020 yang terpaksa diulang karena Mahkamah Konstitusi (MK) menemukan sejumlah pelanggaran pemilu. PSU dijadwalkan digelar 9 Juni mendatang.

Dugaan itu terlontar dari H2D setelah menemukan sejumlah kejanggalan, antara lain foto spanduk BirinMU yang terpampang di rumah Aman.

Belum cukup, saat melapor ke Mapolres Banjarmasin terkait dugaan pemukulan oleh Jurkani, Aman tampak didampingi Ricky Teguh sebagai penasihat hukum.

Belakang diketahui, Ricky merupakan salah satu dari Tim Hukum BirinMU saat bersengketa di Bawaslu Kalsel. Hal itu kian mempertegas siapa Aman sebenarnya.

Lantas apakah benar Aman Tim Sukses BirinMU?

Pertanyaan itu coba disodorkan kepada Andi Syafrani. Andi salah satu Tim Hukum BirinMu. Andi tegas membantah. Ia menyatakan bahwa Aman bukan dari Tim Sukses BirinMu.

“Iya dong (bukan tim sukses, red),” ujar Andi dihubungi media ini, Kamis (1/4).

Mengapa demikian? ujar Andi perlu dipahami masyarakat. Bahwa di tahapan pemungutan suara ulang (PSU) aturan pemilu sudah jelas: tak ada lagi kampanye. Menjadi aneh jika ada disebut tim kampanye atau tim sukses dalam tahapan PSU.

“Karena itu tidak memenuhi ketentuan. Bahwa tidak ada lagi berdasarkan ketentuan ini tim kampanye, karena tidak ada kampanye,” ucapnya.

Menanggapi Ricky Teguh yang menjadi penasihat hukum Aman saat membuat laporan di Mapolres Banjarmasin, menurut Andi itu hal yang biasa. Sah-sah saja.

Pasalnya, setiap orang memiliki hak untuk menunjuk kuasa hukumnya. Dan sebelumnya si pengacara punya hak memilih kliennya.

“Itu hak setiap advokat juga untuk melakukan pembelaan, termasuk hak korban untuk mengangkat siapa yang menjadi kuasanya,” jelasnya.

Andi pun keberatan jika permasalahan ini selalu dihubung-hubungkan dengan BirinMu. Dikatakannya pihaknya juga bisa menyebut bahwa H2D melibatkan timnya dalam perkara itu.

“Kalau dihubung-hubungkan, tim kami juga bisa. Kenapa yang bicara di sebelah saja Jurkani. Kan sama saja. Kenapa tim kuasa hukum mereka (Muhamad Raziv Barokah, red) melakukan respons,” katanya.

Termasuk soal adanya pernyataan Raziv bahwa bahwa kericuhan yang terjadi di Masjid Nurul Iman terkesan terorganisir, menurut Andi itu harus dibuktikan secara hukum.

“Kalau itu dilihat dari fakta yang ada. Fakta hukumnya kan jelas. Kenapa sampai terjadi pemukulan. Fakta pemukulan kan ada, motifnya apa ya itu harus dikejar,” bebernya.

Lebih jauh dikatakan Andi, adanya pelarangan kampanye pada saat PSU mengakibatkan munculnya “penyelundupan kampanye”.

Kericuhan yang terjadi di Masjid Nurul Iman kemarin merupakan ekses dari adanya pelarangan kampanye di PSU.

“Karena ada pelarangan, sehingga kegiatan salat pun akhirnya dipahami dari bagian dari kampanye. Ini jadi sesuatu yang aneh,” katanya.

“Ada kesan yang salat di situ hanya pendukung saja. Ini kan tidak sehat akhirnya kan masyarakat terkotak-kotak dengan kegiatan-kegiatan. Apalagi di tempat ibadah. Jelas itu tindakan tidak baik,” tambahannya.

Sehingga menurut Andi, untuk kasus ini harus diproses secara hukum. Dan laporan yang ada harus ditindaklanjuti oleh penegak hukum.

Siapa Sosok Aman? Seteru Jurkani di Ricuh ‘Subuh Keliling’ Denny Indrayana

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Banjarmasin

Ketika Kegiatan Dibatasi, Kejahatan Anak di Banjarmasin Justru Meningkat!
Lapas Banjarmasin

Banjarmasin

Ribuan Warga Binaan Lapas Banjarmasin Peroleh Remisi, Paling Dominan Kasus Narkoba
UKJ IJTI Kalsel

Banjarmasin

Di Akhir Masa Jabatan, Ketua IJTI Kalsel: Jangan Ada Diskriminasi Terhadap Organisasi Kewartawanan
Kalsel

Banjarmasin

Kurang Duit Miliaran Rupiah untuk PSU, KPU Kalsel Ngadu ke Pemprov
Rekostruksi

Banjarmasin

Rekonstruksi Pembunuhan di Belitung Banjarmasin, Pelaku Peragakan 18 Adegan
Banjarmasin

Banjarmasin

Kisah Prostitusi Anak di Rumah Singgah Banjarmasin, Arisan hingga Utang Kreditan
Banjarmasin

Banjarmasin

Kebakaran di Ratu Zaleha Banjarmasin: 2 Bangunan Hangus, Relawan Dilaporkan Luka Bakar
banjir

Banjarmasin

Sampah Pascabanjir Membludak, DLH Banjarmasin Kewalahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com