Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten

TPID HST Rumuskan Pengendalian Inflasi Hingga Idulfitri, Kampung Haruan Unggulan

- Apahabar.com Rabu, 14 April 2021 - 08:02 WIB

TPID HST Rumuskan Pengendalian Inflasi Hingga Idulfitri, Kampung Haruan Unggulan

HLM dan Rakorda TPID Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (12/4)./Foto: Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Menindaklanjuti hasil rapat tentang pemulihan ekonomi dan stabilitas harga pangan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Hulu Sungai Tengah merumuskan strategi pengendalian inflasi 2021. Khususnya saat Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah.

Upaya pengendalian inflasi ini merupakan faktor penting untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Karena itu TPID HST pun akan segera memetakan potensi unggulan daerahnya.

Plt Kabag Perekonomian dan SDA, Ramadlan menyebutkan, HST mempunyai salah satu program unggulan dalam pengendalian Inflasi.

“Saat ini kita punya program Kampung Haruan,” kata Ramadlan, Rabu (14/4).

Harga Haruan itu, kata Ramadlan merupakan salah satu komoditi yang harganya tinggi dibandingkan lainnya. Karena itulah jenis ikan itu mempengaruhi inflasi.

Berkaca pada 2019 lalu, sebelum ada Kampung Haruan, kata Ramadlan, tiap bulannya, ikan lokal itu menjadi pendorong inflasi di HST bahkan di Kalsel. Sebab tingginya permintaan ikan itu di masyarakat.

Permintaan yang tinggi ini menyebabkan pasokan Haruyan berkurang. Hal itu disinyalir karena hanya mengandalkan hasil tangkap.

“Makanya harga selalu tinggi dan menjadi pendorong inflasi,” terang Ramadlan.

Setelah adanya program itu, lanjut Ramadlan, tidak lagi mengandalkan hasil tangkap. Namun sudah mengandalkan budidaya Haruan.

Dari budidaya Kampung Haruan itulah akhirnya bisa mencukupi permintaan masyarakat. Tidak hanya HST tapi sampai sampai ke luar kabupaten.

“Di 2020 inilah Haruan tidak lagi menjadi pendorong inflasi di HST bahkan Kalsel. Panen pertama saat itu mencapai 250 ton,” tekan Ramadlan.

Ramadlan juga menyampaikan kondisi bahan pokok terkini di HST masih aman. Diprediksi ketersediaan itu bisa mencapai Idulfitri.

“TPID HST akan segera menindaklanjuti hasil High Level Metting (HLM) itu dengan memetakan potensi unggulan di HST agar bisa bersinergi dengan kabupaten/kota di Kalsel,” tutup Ramadlan.

Sebelumnya, pembahasan inflasi diangkat dalam HLM dan Rakorda oleh TPID Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (12/4).

Mengangkat tema ‘Memperkuat Pengendalian Inflasi Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan’, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi serta kepala daerah lainnya turut hadir dalam Rakorda TPID Semestar I pada 2021 ini.

“Dengan hadirnya Bupati pada HLM dan Rakorda ini merupakan sebagai komitmen kepala daerah dalam pengendalian inflasi di di HST,” kata Ramadlan.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengatakan saat ini daerahnya di hadapkan dengan ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19. Karena itu dia berharap pengendalian inflasi di Kalsel dapat terjaga.

Safrizal meminta agar TPID masing-masing kabupaten/kota untuk menginventarisir program unggulannya.

Agar inflasi terkendali dengan baik, Safrizal berharap semua TPID berkoordinasi dan menjalin sinergitas. Terlebih untuk mewujudkan stabilitas perekonomian terutama pada Ramadan dan Idulfitri

“Semoga kita dapat membahas lebih detail upaya pengendalian dengan memperhatikan beberapa faktor penentu inflasi. Sehingga sasaran inflasi daerah tercapai,” tutup Safrizal.

Berdasarkan laporan Direktur Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalsel, Amanlison Sembiring, secara nasional inflasi Maret 2021 mengalami penurunan menjadi 0,08 (mtm). Lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang sebesar 0,10% (mtm).

Perkembangan tersebut, kata Amanlison dipengaruhi oleh deflasi kelompok inti dan relatif stabilnya kelompok Administered Prices (AP). Terlebih di tengah meningkatnya tekanan kelompok Volatile Food (VF).

Sementara Maret 2021, wilayah Kalimantan mengalami inflasi sebesar 0,08% (mtm). Lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 0,23% (mtm).

Sedangkan inflasi Kalsel mengalami inflasi 0,09 (mtm). Lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami inflasi 0,53% (mtm).

Kota Banjarmasin mencatat inflasi sebesar 0,01% (mtm). Kabupaten Tabalong inflasi sebesar 0,21% (mtm) dan Kotabaru inflasi sebesar 0,68% (mtm).

Secara tahunan, inflasi Kalsel pada Maret 2021 tercatat sebesar 2,02% (yoy) dan inflasi tahun berjalan tercatat 0,44% (ytd),” papar Amalison.

Strategi pengendalian inflasi ini, kata Amalison tidak terlepas dari peran TPID dalam melaksanakan berbagai program pengendalian inflasi daerah.

Misalnya, untuk mewujudkan ketersediaan bahan pangan dalam upaya pengendalian inflasi di Kalsel. Dari aspek ketersediaan pasokan dapat dicapai dengan peningkatan melalui perluasan lahan dan peningkatan produktivitas komoditas tanaman pangan dan hortikultura.

Hal tersebut juga perlu didukung dengan kelancaran jalur distribusi sampai ke konsumen.

“Keberhasilan TPID dapat terwujud melalui sinergi dan dukungan mitra strategis TPID seperti Satgas Pangan, berbagai asosiasi pengusaha atau pedagang, pemberitaan positif insan pers dan pihak-pihak lainnya,” tutup Amalison.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menyongsong New Normal di HST, Sosialisasi Protokol Kesehatan Gencar Dilakukan
Perdana Disasar BPS, Bupati HST Harap Sensus 2020 Sukses

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Perdana Disasar BPS, Bupati HST Harap Sensus 2020 Sukses
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tiga Kali Berturut-turut, Kontingen Barabai Kembali Raih Juara FASI ke XI
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan, OPD HST Teken Perjanjian
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Refocusing Anggaran, DAK Fisik di HST Terpaksa Dihentikan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dinsos Salurkan Sembako Khusus untuk Penyandang Disabilitas di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Lestarikan Alam Bumi Murakata, Dua Lokasi Wisata HST Ditanami Ratusan Pohon
Banjir

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Banjir HST, Gelombang Bantuan dari Berbagai Pihak Ringankan Beban Pemkab
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com