Gegara Rapid Antigen Bekas, Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Brakkkk!! Mobil Relawan Kebakaran di Banjarmasin Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat H+4 Idulfitri, Arus Balik Mudik dari Kalsel ke Kaltim Meningkat Sejumlah Pegawai di Banjarmasin Balikin Duit THR, Kok Bisa?

Waspada Covid-19, Balikpapan Pantau Awak Kapal dari India dan China

- Apahabar.com Minggu, 25 April 2021 - 07:56 WIB

Waspada Covid-19, Balikpapan Pantau Awak Kapal dari India dan China

Kapal-kapal di Teluk Balikpapan. Kini awaknya yang turun ke darat diperiksa ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Foto-Antara/Novi Abdi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Kaltim, meningkatkan kewaspadaan di Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Peti Kemas Kariangau.

Hal itu terutama khusus kedatangan kapal dari India dan China setelah ditemukannya enam warga India yang terpapar COVID-19 di Kota Samarinda,

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan sekaligus Wali Kota Rizal Effedi, mengatakan awak kapal dari India dan China yang paling diwaspadai dan dipantau, terutama lagi awak kapal pengangkut batu bara.

Apalagi, kata dia, di India saat ini kasus Covid-19 kembali merebak yang membuat ribuan orang terpapar.

“Batu bara kita kan diekspor ke India, juga China. Satu cara mengangkutnya mereka kirim kapalnya ke sini untuk dimuati batu bara. Nah itu yang kita waspadai,” ujar wali kota seperti dilansir dari Antara, Minggu (25/4).

Apalagi pemuatan batu bara ke kapal dari stockpile bisa memakan waktu beberapa hari, dan sementara itu awak kapal turun ke darat.

Menurut Wali Kota Rizal, Satgas Covid-19 Balikpapan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) benar-benar memantau dan mewaspadai hal tersebut.

Seperti diberitakan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II A Samarinda Solihin mengkonfirmasi ada 6 warga India kini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Samarinda karena positif terpapar Covid-19.

Para anak buah kapal (ABK) India itu diketahui terpapar setelah satu ABK mengeluh sakit yang segera diperiksa oleh Tim KKP.

“Hasil swab positif dan segera kami tracing pada yang lain. Ternyata lima yang lain juga positif,” kata Solihin.

Mengetahui hal itu, keenamnya segera diungsikan ke darat dan menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit.

Untuk sementara pemuatan batu bara ke kapal kargo curah itu juga dihentikan sampai kapal dinyatakan aman kembali.

Di sisi lain, sebagaimana pemerintah pusat melarang aktivitas mudik, demikian juga Pemkot Balikpapan. Pelabuhan Semayang dan Bandara Sepinggan adalah dua pintu keluar untuk mudik yang biasanya mulai ramai sejak 2 pekan sebelum Idul Fitri dan mencapai puncaknya pada tiga atau dua hari sebelum Idulfitri.

“Tapi tahun ini, sebagaimana juga tahun lalu, kami melarang masyarakat mudik agar tidak terjadi ledakan penularan kasus Covid-19 ini,” kata Wali Kota Rizal Effendi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Ramah Anak, Delapan Daerah di Kaltim Diganjar KLA Award
apahabar.com

Kaltim

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Positif Covid-19

Kaltim

Kapal Pengangkut Batu Bara Terbalik, Satu Orang Hilang
Sepinggan

Kaltim

Larangan Beroperasi 6-17 Mei, Begini Respons Manajemen Bandara Sepinggan Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Imbauan Pemprov Kaltim soal Akun Palsu Gubernur Isran
ABK Tenggelam

Kaltim

Lagi Cari ABK Tenggelam di Sungai Mahakam, Malah Jasad Pria Setengah Kepala Muncul
apahabar.com

Kaltim

Demo Tolak Pabrik Semen Ricuh Lagi, AMPK: Statement Wagub Bukan Solusi
Pembunuhan Gadis di Kubar

Kaltim

Pembunuhan Gadis di Kubar, Polisi Minta Warga Tidak Terprovokasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com