Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN! RESMI! H2D Daftarkan Gugatan Pilgub Kalsel Jilid II ke MK Memanas! Aksi #SAVEKPK di Banjarmasin Diwarnai Saling Dorong

3.200 Dosis Vaksin AstraZaneca di Balikpapan Dikembalikan

- Apahabar.com Senin, 17 Mei 2021 - 23:29 WIB

3.200 Dosis Vaksin AstraZaneca di Balikpapan Dikembalikan

Vaksin AstraZaneca. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 3.200 dosis vaksin AstraZaneca batch CTMAV547 di Kota Balikpapan dikembalikan ke Kementerian Kesehatan. Hal ini seiring kebijakan dari pemerintah pusat yang menghentikan sementara distribusi vaksin AstraZaneca lantaran adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) terhadap peserta vaksin.

“Sebanyak 320 vial atau 3.200 dosis vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 yang telah kami terima sebelumnya itu dikembalikan ke Jakarta, semuanya belum terpakai satu pun setelah tiba di Balikpapan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty kepada awak media saat press rilis di Pemkot pada Senin sore (17/5).

Ditanya mengapa vaksin tersebut ditarik kembali oleh pusat, wanita yang kerap disapa Dio ini mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah mengkaji ulang vaksin teraebut. Pengkajian vaksin tersebut memakan waktu sekitar dua minggu oleh Komnas KIPI untuk memastikan apakah vaksin tersebut aman apa tidak digunakan.

“Kami menunggu pengkajian sekitar dua minggu oleh Komnas KIPI. Jika itu aman untuk digunakan maka tentu akan dikembalikan, karena memang sudah dialokasikan untuk Balikpapan,” tuturnya.

Ditanya gejala apa yang dialami dari vaksin tersebut, Dio mengaku tidak mendapatkan informasi detail mengenai hal itu oleh pusat.

“Mereka tidak kasih tahu, katanya mau dikaji aja soal aman apa tidaknya,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Dikira Motor Sengaja Ditinggal, Ternyata Pemilik Tewas Hanyut ke Parit
apahabar.com

Kaltim

Diganjar Harmony Award, Bukti Kaltim Toleran
apahabar.com

Kaltim

Jatuh dari Feri Penyeberangan di Sangkulirang, Pemuda Menghilang

Kaltim

Setahun Pandemi, Ini Cerita Sedih Pasien Pertama di Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Pendapatan Daerah Kaltim Bertambah Ratusan Miliar
apahabar.com

Kaltim

Belajar Menangkal Hoaks bersama Google dan AJI Samarinda
Raja Jambret

Kaltim

Keluar Masuk Penjara, Raja Jambret di Balikpapan Ditangkap Lagi

Kaltim

Masa Jabatan Segera Berakhir, Wali Kota Balikpapan Tertarik Kembali ke Media
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com