‘Banyu’ Naik, Remaja Tewas Tersetrum di Siring Amuntai Kala Tapin Siap Jadi Lumbung Pangan IKN Baru di Kaltim Rangkaian Hari Menanam Indonesia, Wali Kota dan DLH Banjarbaru Tanam Ribuan Pohon Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging

Alasan Orang Tua Sakit, Pria Pengangguran di Balikpapan Bobol Konter HP

- Apahabar.com     Kamis, 27 Mei 2021 - 20:55 WITA

Alasan Orang Tua Sakit, Pria Pengangguran di Balikpapan Bobol Konter HP

RA memperlihatkan barang hasil curiannya di hadapan awak media saat press rilis di Mapolsek Balikpapan Barat pada Kamis (27/5). Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Tim Ganteng-Ganteng Sektor Barat berhasil menangkap seorang pria berinisial RA (28) yang membobol konter HP milik FA di Jalan Riko, Gang Aman, Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat.

Padahal korban baru saja membuka usaha konter HP tersebut namun barang-barang jualannya lenyap digasak RA.

Pelaku beraksi pada akhir April lalu sekira pukul 04.30 wita. Ia membobol konter dengan cara merusak jendela menggunakan sebatang kayu. Seketika pelaku mengambil tas yang berisi barang jualan di konter HP tersebut dan langsung meninggalkan lokasi.

“Dia masuk dengan cara menggunakan sebatang kayu untuk membuka konter. Terus dia masuk ke dalam mencari barang yang bisa dicuri. Nah di dalam ada tas yang isinya barang jualan seperti kartu perdana dan voucher kuota internet,” kata Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol Totok Eko Darminto saat press rilid di Mapolsek Balikpapan Barat, Kamis (27/5).

Korban yang terkejut mengetahui konter HP nya dibobol langsung melapor ke Polsek Balikpapan Barat. Pelaku kehilangan barang dagangannya dengan kerugian sekitar Rp9.364.000.

“Barang yang hilang seperti satu buah laptop, satu buah handphone, 13 lembar voucher Indosat, dan 28 lembar kartu perdana Axis,” sebutnya.

Dari itu Tim Ganteng-Ganteng Sektor Barat melakukan penyelidikan dan mendapatkan identitas pelaku dari warga bahwa pelaku beberapa kali terlihat menjual kartu perdana Axis kepada warga.

“Dari situ anggota memastikan serta melakukan penangkapan terhadap tersangka yang berinisial RA (28). Jadi ia sempat menjual kartu perdana, makanya kita kembangankan dari informasi itu,” jelasnya.

Polisi pun berhasil meringkus pelaku di rumahnya di Jalan Letjend Suprapto, Baru Ulu, Balikpapan Barat. Polisi berhasil menemukan sejumlah barang bukti di kediaman pelaku.

“Saat penggeledahan ditemukan barang bukti sesuai dengan laporan korban,” ucapnya.

Sementara itu pelaku yakni RA mengaku dirinya nekat melakukan hal itu lantaran orang tuanya sedang sakit dan butuh biaya.

“Iya, orang tua saya habis sakit keras terus butuh biaya Pak, jadi saya ngambil ini,” tuturnya.

Pelaku pun menjual voucher dan kartu perdana sangat murah kepada masyarakat. Yakni sekitar Rp 15 ribu. Hasil penjualan digunakannya untuk memenuhi kebutahan sehari-hari.

“Saya jual Rp15 ribu per kartu atau voucher, itu yang 10 GB. Saya jualnya ya ke orang-orang lewat aja, tawarin, kalau dia mau ya sudah dibeli,” ungkapnya.

Pria pengangguran ini pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di balik jeruji besi. Ia dijerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman kurungan penjara di atas lima tahun.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Respon Keputusan Jokowi, Kaltim Segera Terbitkan SE Libur Nasional 9 Desember
Sejumlah WNA dievakuasi Tim SAR lantaran dua speed boat yang ditumpanginya terbalik di Perairan Teluk Balikpapan pada Selasa malam (2/3). Apahabar.com-istimewa

Kaltim

Dua Speed Boat Terbalik, Puluhan WNA Terombang-Ambing di Teluk Balikpapan
Polresta Balikpapan

Kaltim

Kantor Satlantas Polresta Balikpapan Nyaris Terbakar
PPKM di Balikpapan

Kaltim

PPKM di Balikpapan Resmi Turun ke Level Dua, Wali Kota: Jangan Kendor
apahabar.com

Kaltim

Banjir Samarinda, Distribusi Sembako ke Kutim Lancar
Varian MU

Kaltim

Waspada Varian MU, Kadinkes Balikpapan: Penangkalnya Hanya 5M

Kaltim

Antre Solar Sampai 2 Hari, Pengusaha Truk di Balikpapan Terancam Tak Bisa Antar Sembako
Wabup Penajam

Kaltim

Terkait Kewenangan, Wabup Penajam Diperiksa Inspektorat Kaltim
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com