IJTI Kalsel Gelar UKJ dan Musda Ke-IV, Budi Ismanto: Wartawan Tv Harus Kompeten Jelang Pelantikan, Karangan Bunga Anies Baswedan hingga MHM Hiasi Balai Kota Banjarmasin Belasan Terduga Pelaku Prostitusi Online Diamankan Polres Banjarbaru, 6 Masih di Bawah Umur Jelang Iduladha, Kalsel Siapkan Belasan Ribu Hewan Kurban MK Tunda Sidang, H2D Tetap Pede Diskualifikasi BirinMU

Bangkitkan Ekonomi Indonesia, Hipmi Hidupkan Ekspor UMKM ke Australia

- Apahabar.com Jumat, 7 Mei 2021 - 21:22 WIB

Bangkitkan Ekonomi Indonesia, Hipmi Hidupkan Ekspor UMKM ke Australia

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Mardani H Maming. Foto: Dok.apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Di tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) sukses membuka keran ekspor beragam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kami mendukung program pemerintah untuk pengembangan pasar ekspor produk UMKM dan juga membangkitkan perekonomian Indonesia di masa sulit akibat pandemi,” kata Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Mardani H Maming (MHM), Jumat (7/5) dilansir Antara.

Komoditi makanan olahan dan minuman pun menjadi ekspor perdana produk UMKM di bawah binaan Hipmi di tahun kedua pandemi Covid-19. Pasar tujuannya adalah Australia melalui kerja sama dengan trading house yang dimiliki salah satu diaspora Indonesia di Negeri Kanguru.

Hipmi Maming

Pelepasan ekspor perdana untuk komoditi makanan dan minuman dari Hipmi ke Australia. Foto: Dok. Hipmi

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi bahkan melepas ekspor perdana untuk produk makanan dan minuman dampingan Hipmi ke Australia secara virtual, Kamis (8/4).

Hipmi, kata MHM, berterima kasih kepada Kementerian Perdagangan dan juga atase perdagangan serta ITPC yang ada di Sydney hingga ekspor itu dapat terlaksana dengan lancar.

Menurutnya, tidak mudah untuk pelaku usaha bisa mengekspor produk UMKM. Ada standar sertifikasi yang dibutuhkan termasuk kemasan yang bisa diterima negara tujuan.

“Di sinilah peran Hipmi sebagai pendamping untuk pelaku usaha bisa mendapatkan informasi dan pelatihan serta akses pembeli alias pengimpor,” jelas pendiri holding PT Batulicin 69 dan PT Maming 69 itu.

Ke depan, Mardani H Maming bertekad Hipmi terus menjadi penggerak ekspor Indonesia termasuk meningkatkan kontribusi UMKM dalam perdagangan luar negeri.

“Karena berdasarkan data yang dihimpun Hipmi, kontribusi UMKM hanya di kisaran 15 persen dari total ekspor Indonesia. Hal inilah terus kami dorong, membangkitkan semangat produk UMKM agar naik kelas bisa menguasai pasar ekspor,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Mei 2020, Defisit APBN Capai Rp179,6 Triliun
apahabar.com

Ekbis

Di Pontianak, Hadi Mulyadi Sebut Dominasi Migas Segera Tergantikan
Minyak

Ekbis

Peluncuran Vaksin AS Picu Kenaikan Harga Minyak
apahabar.com

Ekbis

BI Turunkan Bunga Acuan, Rupiah Menguat Tipis
apahabar.com

Ekbis

Bupati Tabalong Inginkan Kalsel Miliki Kilang Minyak Mini
apahabar.com

Ekbis

Intip Dua Kapal Baru Pengangkut BBM Pertamina International Shipping
apahabar.com

Ekbis

April 2020, Pasar Mobil Indonesia Anjlok 90,6 Persen
Harga Bawang Putih di Pontianak Mulai Melonjak

Ekbis

Harga Bawang Putih di Pontianak Mulai Melonjak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com