Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Tetap Sekat Pemudik! Lucky Birthday Bjb 60versary Tawarkan Hadiah Jutaan Rupiah, Ayo Ikuti Promonya

Banjarbaru Diserbu Pengemis Musiman Saat Ramadan, Wali Kota Turun Tangan

- Apahabar.com Senin, 3 Mei 2021 - 16:27 WIB

Banjarbaru Diserbu Pengemis Musiman Saat Ramadan, Wali Kota Turun Tangan

Para gepeng dan manusia gerobak yang berhamburan di jalanan Banjarbaru saat Ramadan 1442 H. Foto-Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Gelandangan dan pengemis (Gepeng) juga manusia gerobak berhamburan di Banjarbaru saat Ramadan. Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin meminta Dinas Sosial turun tangan.

“Jadi waktu ekspose Dinas Sosial, kita meminta kepada Dinsos membuat program, membuat terobosan, membuat inovasi dalam penanganan penyakit masyarakat ini. Dan program tersebut tidak hanya berupa bantuan, tetapi berupa pembinaan, baik masalah usaha dan masalah sosial lainnya, sehingga mereka tidak kembali ke lapangan,” ujar Aditya kepada apahabar.com, Senin (3/4/2021).

Menurut Aditya para gepeng tersebut sebaiknya tidak diberi bantuan berupa uang, tetapi diberi pembinaan secara langsung dan berkelanjutan. Jika diberi uang, dia khawatir gepeng tersebut akan kembali lagi.

Aditya tak menampik jika saat Ramadan ini para peminta – minta baik gepeng ataupun manusia gerobak, menghiasi tepian jalan Banjarbaru.

“Ya, saya lihat, di jalanan terutama di jalan Panglima Batur banyak muncul gepeng – gepeng atau peminta – minta. Kita sudah meminta kepada Satpol PP untuk memberikan imbauan kepada mereka agar tidak melakukan kegiatan tersebut di Banjarbaru. Saya minta selain Dinsos juga Satpol PP tegas dalam penanganan masalah penyakit masyarakat ini,” tuntasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi media ini, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarbaru Rokhyat Riyadi yang baru saja dilantik pada Jumat (30/4/2021) lalu, mengatakan pihaknya saat ini tengah mendata para gepeng dan manusia gerobak itu.

“Kami mendata dulu, melihat situasi di lapangan dengan begitu kita akan mengetahui dari mana saja mereka ini datang,” kata Rokhyat.

Ia berkomitmen untuk bisa menyelesaikan terkait hal ini sebelum lebaran Idulfitri 2021.

“Setelah didata, kita akan tahu apakah benar orang-orang ini warga Banjarbaru atau warga tetangga yang kebetulan datang ke Banjarbaru. Target penyelesaiannya karena ini menjelang lebaran jadi kita akan semaksimal mungkin mengkondisikan di lapangan,” pungkasnya.

Salah satu pengguna jalan, Wardah mengaku tidak terganggu secara lansung dengan adanya gepeng dan manusia gerobak, tetapi menurutnya Banjarbaru menjadi kurang enak dipandang.

“Kita tahu ya Banjarbaru bersih, nyaman. Nah selama Ramadan ini banyak banget muncul apa itu istilahnya gepeng sama manusia gerobak,” ujarnya.

Ia pun merasa iba, namun menurutnya, semakin banyak yang memberi maka semakin banyak pula mereka berdatangan.

“Kita kasihan, kita beri juga. Dan memang banyak yang memberi tapi sepertinya itu malah membikin komunitas ini semakin banyak. Sangat disayangkan, kurang enak dilihat karena di A.Yani ada, di jalan dalam juga ada,” tukasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Cegah Covid-19, Lingkungan Balai Kota Banjarbaru Disemprot Disinfektan

Pemko Banjarbaru

Siap – Siap, Banjarbaru Usulkan Rekrut Ratusan PPPK dan PNS di CPNS 2021
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pjs Wali Kota Banjarbaru Ingatkan Milenial Jadikan Pancasila Dasar Pola Tindak
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Berusia Satu Abad, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dukung Generasi Emas 2045
apahabar.com

Kalsel

Swab Keluar, PDP Kabur di Banjarbaru Positif Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Ingin Destinasi Wisata Banjarbaru Terus Dikembangkan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Makna Peringatan Hari Ibu Bagi Ririen Nadjmi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Walikota Banjarbaru Ajak Jemaah Hadiri Tablig Akbar UAS yang Digelar Malam Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com