Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Banjarbaru Targetkan Raih Pajak Rp 123,8 Miliar Tahun Ini

- Apahabar.com     Kamis, 6 Mei 2021 - 13:40 WITA

Banjarbaru Targetkan Raih Pajak Rp 123,8 Miliar Tahun Ini

Ilustrasi pajak. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARBARU – Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Banjarbaru berhasil memperoleh pendapatan pajak Rp 42 miliar atau 34 persen hingga triwulan pertama tahun ini.

Kepala BPPRD Banjarbaru, M Rustam, optimistis pihaknya bisa meraih pendapatan Rp 123,8 miliar sampai akhir tahun.

“Alhamdulillah sudah mencapai Rp 42 miliar atau 34 persen. Ada kemungkinan kita naikkan target kita di anggaran perubahan nanti jika hasilnya tetap konstan seperti ini,” ujar Rustam, Kamis (6/5/2021).

Pada triwulan 1, Pemkot Banjarbaru mematok target pendapatan pajak di angka minimal 25 persen. Namun sejumlah jenis pajak tak mencapai target. Misalnya pajak sektor hiburan yang menyusut akibat pandemi.

Pajak hiburan meliputi karaoke, billiar, gym, kolam renang, pertunjukan seni, termasuk hiburan di kawasan Lapangan Murjani dan Taman Van Der Pijl.

Jika ditotal, target pajak sektor hiburan tahun ini, kata Rustam, sebenarnya berada di angka Rp 4,5 miliar. Namun pada triwulan satu tidak sampai Rp 1 miliar.

“Tepatnya hanya Rp 934 juta saja atau 20 persen dari target,” ungkapnya.

Kendati pendapatan sektor pajak hiburan menyusut, Rustam tetap optimistis dapat menutupinya. Sebab ada sektor pajak lain yang di triwulan satu capaiannya sangat signifikan.

Contohnya, pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Di sektor tersebut, khususnya pada triwulan satu ini, pendapatannya sudah mencapai 50 persen dari target tahun 2021.

“Alhamdulillah untuk BPHTB kita masih tinggi yakni sudah mencapai 50 persen di triwulan satu ini. Jika dinominalkan sudah Rp 15,2 miliar dari target keseluruhan 30 miliar. Padahal target minimumnya hanya 25 persen saja per triwulan,” kata Rustam.

Dengan capaian ini, di triwulan satu tahun 2021, tambah Rustam, secara akumulatif perolehan pajak daerah sudah mencapai 34 persen. Per 30 April, Pemkot Banjarbaru sudah mengantongi Rp 42 miliar.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Cuaca

Banjarbaru

Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Petir di 4 Kabupaten
Bulan Bung Karno

Banjarbaru

Peringati Bulan Bung Karno, PDI Perjuangan Banjarbaru Gelar Lomba Mancing

Banjarbaru

Antisipasi Potensi Ancaman, AP I Tingkatkan Keamanan Kawasan Bandara Syamsudin Noor

Banjarbaru

Ingin Vaksin Covid-19 Tapi NIK Tak Terbaca? Begini Penjelasan Kadinkes Banjarbaru
Kejari Banjarbaru

Banjarbaru

Raih WBK, Kejari Banjarbaru Gelar Apel Pencanangan WBBM

Banjarbaru

Duh! Pasar Ramadan di Banjarbaru Ditiadakan untuk Kedua Kalinya

Banjarbaru

Tertangkap Balap Liar dan Langsung Swab Antigen, 5 Remaja di Banjarbaru Positif
Ilustrasi, mobil Damkar atau BPK. Foto-net

Banjarbaru

Marak Laka Mobil Damkar di Kalsel, BPBD Banjarbaru Ingatkan Safety First
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com