Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Cair! BLT Rp 2,27 T Mengalir ke 49 Ribu Desa

- Apahabar.com     Sabtu, 15 Mei 2021 - 22:00 WITA

Cair! BLT Rp 2,27 T Mengalir ke 49 Ribu Desa

Ilustrasi sumber: net

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai sebesar RP 2,27 T yang bersumber dari Dana Desa (BLT Dana Desa).

Bantuan tersebut adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Hingga 8 Mei 2021 BLT Dana Desa telah disalurkan ke 49.095 desa dari 74.961 desa dengan total anggaran sebesar Rp2,27 triliun. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berharap BLT Dana Desa dapat dimanfaatkan oleh keluarga penerima manfaat (KPM).

“BLT harus segera bisa dimanfaatkan oleh KPM,” ujar Abdul Halim, seperti dilansir detikcom yang mengutip situs Sekretariat Kabinet, Sabtu (15/5).

Dia menegaskan pemerintah terus mempercepat penyaluran BLT Dana Desa yang dinilainya penting dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan dan meningkatkan daya beli warga desa.

Abdul Halim menambahkan, aturan peniadaan mudik tentunya berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi warga desa di Hari Raya. Mengatasi hal tersebut, Kemendes PDTT berupaya mengoptimalkan Dana Desa untuk BLT dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

“BLT dan PKTD memang totalitas belum menggantikan perputaran uang desa di masa mudik Lebaran sebelum terjadinya pandemi Covid-19, namun akan membantu warga desa dalam menghadapi Lebaran ini,” ujarnya.

Hingga 8 Mei 2021 penyerapan Dana Desa telah Rp18,86 triliun atau sekitar 26 persen dari total pagu Rp72 triliun. Alokasi ini telah dicairkan ke 52.372 desa atau sekitar 70 persen dari total desa 74.961 desa.

Dari jumlah tersebut, Dana Desa yang dialokasikan untuk Desa Aman Covid-19 sebesar Rp3,46 triliun sebesar 18,4 persen dam untuk BLT Dana Desa sebesar Rp2,27 triliun atau sekitar 12 persen dari pencairan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polda Metro Jaya: Penangguhan Penahanan 100 Tersangka Kericuhan Mei Sesuai Prosedur

Nasional

Mahasiswa RI Dikabarkan Kerja Paksa di Taiwan, DPR Minta Kemlu Turun Tangan
WHO

Nasional

Awas, Positivity Rate Covid-19 di Indonesia Jauh Lampaui Standar WHO
Densus

Nasional

Densus 88 Tingkatkan Kesiagaan Ancaman Teror di Indonesia

Nasional

Antisipasi Embargo, Pemerintah Tambah Pesanan Vaksin Sinovac
apahabar.com

Nasional

Harapan Indah untuk Menikah Pupus Akibat Kekasih Diterjang Tsunami
apahabar.com

Nasional

Lagu “Kemarin” Menggambarkan Situasi Seventeen Sekarang
apahabar.com

Nasional

Sekjen MPR Bantah Undang Paranormal untuk Gladi Pelantikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com