Baru Diresmikan, Jembatan Alalak Langsung Diserbu Warga Jokowi Blakblakan Alasannya Resmikan Langsung Pabrik Jhonlin di Tanah Bumbu Jokowi Resmikan Jembatan Alalak, Jalan Hasan Basri Kayutangi Macet Parah Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN Tiba di Banjarbaru, Presiden Jokowi Bertolak ke Banjarmasin

Cakupan Vaksinasi Lansia Dosis Kedua di Kapuas Baru Capai 0,22 %

- Apahabar.com     Jumat, 7 Mei 2021 - 23:59 WITA

Cakupan Vaksinasi Lansia Dosis Kedua di Kapuas Baru Capai 0,22 %

Penyuntikan vaksin Covid-19 bagi lansia di Kabupaten Kapuas, Kalteng. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Cakupan vaksinasi warga lanjut usia (lansia) dosis kedua di Kabupaten Kapuas, Kalteng, baru mencapai 0,22 persen.

Berdasarkan update data vaksinasi Covid-19 Kapuas tertanggal 6 Mei 2021, jumlah lansia yang divaksin dosis pertama sebanyak 662 orang atau 2,19 persen.

Sedangkan untuk dosis kedua, baru sebanyak 66 orang lansia saja yang divaksin atau 0,22 persen dari sasaran 30.191 orang lansia.

Masih rendahnya pencapaian cakupan vaksinasi lansia dosis kedua, menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kapuas, dr Tri Setya Utami dikarenakan ketersediaan vaksin terbatas.

“Vaksinasi baru bisa untuk Kecamatan Selat dan beberapa puskesmas di luar Kecamatan Selat,” katanya kepada apahabar.com via gawai, Jumat (7/5) malam.

Selain itu, sambung dr Tri, ada lansia yang mau divaksin tapi menunggu lebaran. “Jadi, maunya divaksin sesudah lebaran dan ada juga yang khawatir orang tuanya (lansia) divaksin” ujarnya.

Kemudian penyebab masih rendahnya capaian cakupan vaksinasi lansia, dikarenakan tidak semua lansia bisa divaksin, melainkan yang memenuhi skor saja.

Tri pun mengimbau masyarakat Kapuas jangan ragu vaksinasi Covid-19 apabila vaksinnya sudah tersedia, karena vaksinasi covid aman.

“Kita bersyukur negara kita menyediakan vaksin covid untuk rakyatnya. Jadi, mohon ambil informasi vaksin covid dari sumber yang dapat dipercaya,” harapnya.
Untuk vaksinasi lansia, dr Tri juga mengharapkan agar keluarga dan lingkungan bisa membantu lansia datang ke fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi.

“Nanti jika sudah divaksin, tidak jaminan aman kebal Covid. Jadi, kita harus tetap terapkan protokol kesehatam 5M ketat. Untuk yang belum mendapatkan vaksin agar bersabar, karena vaksin datang bertahap,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Palangka Raya-Bukit Rawi

Kalteng

Banjir di Ruas Jalan Palangka Raya-Bukit Rawi Ganggu Lalu Lintas
apahabar.com

Kalteng

Mendagri Dorong Kalteng Bagi Sejuta Masker
HUT Ke-75 Bhayangkara

Kalteng

HUT Ke-75 Bhayangkara, Puluhan Personel Polres Kapuas Naik Pangkat
apahabar.com

Kalteng

Perang Tanpa Akhir Melawan Narkoba
RS Bhayangkara

Kalteng

RS Bhayangkara Palangka Raya Gelar Vaksinasi 500 Dosis di Paviliun Presisi
apahabar.com

Kalteng

Abaikan Pajak, Hotel Swiss Belinn Terancam Dipidanakan
RX King

Kalteng

RX King Vs Megapro! 1 Nyawa Melayang di Kobar Kalteng
pilkada kalteng

Kalteng

Penetapan Gubernur dan Wagub Kalteng Terpilih, Ratusan Polisi Diterjunkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com