Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Tetap Sekat Pemudik! Lucky Birthday Bjb 60versary Tawarkan Hadiah Jutaan Rupiah, Ayo Ikuti Promonya Hilal Belum Nongol di Kalsel, 1 Syawal 1442 H Tunggu Sidang Isbat Tak Mau Kecolongan Pemudik, Aktivitas Kapal Tradisional di Kalsel Diawasi Ketat Detik-Detik Longsor Maut di Desa Batu Bini HSS Timbun 4 Pencari Batu

Cegah Penerobos, Pemeriksaan Truk Sembako di Pelabuhan Semayang Balikpapan Diperketat

- Apahabar.com Rabu, 5 Mei 2021 - 15:25 WIB

Cegah Penerobos, Pemeriksaan Truk Sembako di Pelabuhan Semayang Balikpapan Diperketat

Aktivitas di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pascaviralnya pernyataan Gubernur Kaltim, Isran Noor yang melarang warga untuk mudik baik antar kota maupun Provinsi kecuali bisa menerobos menjadi buah bibir. Meski begitu kata-kata Isran bukan isapan jempol belaka.

Tahun sebelumnya terdapat kejadian sekelompok pemudik yang nekat naik ke kapal dengan menumpang di dalam truk sembako. Namun aksinya ketahuan dan terpaksa diturunkan dari kapal yang telah berlabuh dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan ke kapal milik TNI Angkatan Laut dan Satpolairud Polresta Balikpapan.

Mengantisipasi hal itu, Pelindo IV Balikpapan bersama pihak terkait telah membangun posko pemantauan para penumpang di Pelabuhan Semayang. Nantinya petugas akan melakukan pemeriksaan super ketat terhadap setiap kendaraan yang hendak naik ke kapal.

“Terkait dengan antisipasinya, untuk yang mencoba-coba mudik cari kesempatan itu semuanya nanti dilakukan pengecekan. Khususnya truk yang membawa sembako, yang membawa barang dari luar Balikpapan maupun sebaliknya itu tetap ada pengecekan,” kata Fanny Herling, Manajer Pelayanan Barang Pelindo Balikpapan ditemui di kantornya pada Rabu (5/5).

Tak hanya itu saja, pemeriksaan juga kembali dilakukan sesaat kendaraan hendak naik ke atas kapal. Petugas membatasi jumlah orang yang naik didalam kendaraan yakni maksimal dua orang.

“Lalu pada saat naik kapal pun dicek lagi. Dimana mobil atau truk yang yang diizinkan itu hanya sopir dan kernet. Itupun kernet nya kami cek apakah beneran kernet atau bukan,” tuturnya.

Semua pihak terkait akan terlibat dalam mengantisipasi adanya pemudik yang mencoba menerobos agar bisa kembali ke kampungnya. Pihaknya tak segan-segan akan menurunkan penumpang tersebut atau memulangkan bila terdapat pemudik yang mencoba naik ke kapal.

“Kami antisipasi dengan Tim untuk melakukan pengecekan di pintu masuk pelabuhan. Kalau nanti ditemukan ada yang nekat menerobos mudik kami pasti akan pulangkan,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kaltim Tuntut Kejelasan soal Pengelolaan Migas
apahabar.com

Kaltim

2020, Target Pendapatan APBD Penajam Naik

Kaltim

Hina Tragedi KRI Nanggala 402, Pria Paruh Baya Menyerahkan Diri ke Lanal Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

H3 Lebaran, Kemenhub Apresiasi APT Pranoto
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Datangkan Ribuan Sapi Lagi dari Australia
apahabar.com

Kaltim

Wagub Kaltim Optimis Pemilu 2019 Kondusif

Kaltim

Blak-blakan, Pengakuan Gadis Muda di Balikpapan Selipkan Sabu dalam Bra

Kaltim

Cuaca Ekstrem di Balikpapan: Pohon Tumbang, Atap Terbang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com