Sudah Ditemukan, Jasad Korban Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi Besok Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu Kasus Covid di Balikpapan Melandai, Hari Ini Hanya Bertambah 5 Orang Banjir di Satui Tanbu, Ratusan Jiwa Mengungsi

Dewan Tanbu Gelar Paripurna Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

- Apahabar.com Selasa, 4 Mei 2021 - 11:01 WIB

Dewan Tanbu Gelar Paripurna Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Dewan Tanbu gelar paripurna bersama eksekutif. Foto-Humas DPRD Tanbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua II, Agoes Rakhmady, didampingi Wakil Ketua I, Said Ismail Khollil Alydrus, dan dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli, di Ruang Sidang Utama, Senin (3/5).

Dalam paripurna Wakil Bupati Muhammad Rusli, menyampaikan sambutan bupati bahwa pihak eksekutif telah melaksanakan konsultasi publik Rancangan Awal RPJMD 2021-2026 yang merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 pada Pasal 48 ayat 1 yang berbunyi Rancangan Awal RPJMD sebagaimana dimaksud, dibahas dengan para pemangku kepentingan melalui forum konsultasi publik.

“Untuk tahapan selanjutnya, pihak Eksekutif mengajukan Rancangan Awal RPJMD kepada DRPD, untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan bersama sesuai dengan amanat dari Permendagri Nomor 86 tahun 2017 Pasal 49 ayat 2,” ujar Rusli.

Dengan adanya hal tersebut, maka pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021-2026 dengan DPRD merupakan agenda strategis dalam rangka mendapatkan saran dan masukan dari DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

“Sehingga substansi Dokumen Rancangan Awal RPJMD yang diajukan mendapatkan penajaman dan penyempurnaan, untuk menghasilkan rumusan strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan yang terarah, efektif, efisien dan terpadu,” tuturnya.

Rusli mengatakan tujuan dan sasaran yang jelas dan terukur ini akan dikuatkan dengan strategi dan arah kebijakan daerah yang akan bermuara pada perwujudan masyarakat Tanah Bumbu yang maju dan sejahtera menuju Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah.

Dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, pihak eksekutif telah menetapkan visi dan misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah secara holistik dan terintegrasi yaitu membangun Tanah Bumbu maju, unggul, mandiri, religius dan demokratis yang dijabarkan dalam 5 (lima) misi pembangunan.

5 misi pembangunan di antaranya adalah mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berakhlak mulia, mewujudkan infrastruktur wilayah yang mantap untuk menopang daya saing pelayanan publik dan perekonomian, mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang arif dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan dan mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri serta membangun tata kelola pemerintahan yang melayani, sederhana dan akuntabel.

Rapat paripurna juga diikuti unsur forkopimda, pejabat instansi vertikal, kepala SKPD beserta jajaran dan pihak terkait lainnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Kab Tanah Bumbu

Sampaikan Rekomendasi LKPJ 2020, Dewan Tanbu Gelar Paripurna bersama Eksekutif
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Tinggalkan Tanbu, Letkol Bintarto Tuai Pujian dari Anggota Dewan
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Setujui RAPBD 2021, Fraksi Gerindra Ingin Maksimal untuk Kesejahteraan Masyarakat Tanah Bumbu
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Tanbu Apresiasi Kinerja Tim Gugus Tangani Covid-19
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Paripurna LKPJ Melalui Vicon
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Gabungan Komisi DPRD Tanah Bumbu Gelar RDP Terkait Bansos
Propemperda

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Paripurna Penetapan Propemperda
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Laksanakan Reses Tahap Dua, Anggota DPRD Tanbu Bagi-Bagi Sembako
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com