Biang Prostitusi Anak di Banjarmasin, Takut Diantar ke Panti karena Utang Kreditan Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan

Ditutup Besok, Pengunjung QMall Banjarbaru Hari Ini Membeludak

- Apahabar.com Senin, 10 Mei 2021 - 14:37 WIB

Ditutup Besok, Pengunjung QMall Banjarbaru Hari Ini Membeludak

Suasana di QMal Banjarbaru. Foto-Hasan/apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Satu hari sebelum ditutup pemerintah, QMal Banjarbaru banjir pengunjung, Senin (10/5). Warga yang datang ke mal tersebut memang makin membeludak dalam beberapa hari terakhir.

General Manager QMall Banjarbaru, Andi Indrawangsah, memperkirakan ramainya pengunjung karena masyarakat sedang berburu baju lebaran.

“Kali ini jauh lebih banyak dibanding dari tahun kemarin,” ujarnya dihubungi apahabar.com.

Indra sendiri belum menghitung berapa persen kenaikan pengunjung dibanding hari biasa di tahun sebelumnya. Namun, jika berkaca pada tahun lalu, jumlah pengunjung kali ini jauh lebih kecil.

“2019 itu bisa dua hingga tiga kali lipat dari sekarang,” ungkapnya.

Sebelumnya, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Banjarbaru bernomor 300/KUM/2021, mal, tempat wisata, dan jasa hiburan ditutup sementara.

Surat ini ditandatangani Wali Kota Banjarbaru, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 1006/Martapura, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri, di Ruang Tamu Utama Wali Kota Banjarbaru pada 7 Mei 2021.

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, menyampaikan penutupan itu dilakukan karena kabupaten tetangga juga menerapkan kebijakan yang sama.

“Kami ingin melakukan pencegahan. Jangan sampai masyarakat membeludak di Banjarbaru, karena tempat wisata di kabupaten tetangga ditutup. Kalau terjadi kerumunan, akan sulit diantisipasi,” bebernya.

Untuk memastikan kebijakan ini ditaati oleh para pemilik usaha, dia menegaskan Pemkot Banjarbaru bersama Forkompinda akan rutin melakukan pengecekan di lapangan.

“Nanti kami turun langsung untuk melihat dan memastikan. Dibantu dengan jajaran yang ada di lapangan,” tuturnya.

Dia menyebutkan ada beberapa sanksi yang disiapkan bagi yang melanggar kebijakan penutupan sementara mal, tempat wisata, dan jasa hiburan. Mulai dari teguran hingga penutupan tempat usaha.

“Kita lihat berdasarkan beratnya pelanggaran,” ucapnya lagi.

Lalu bagaimana dengan pasar tradisional dan kafe?

Aditya menyampaikan dua lokasi ini tidak masuk dalam pemberlakuan penutupan sementara. Namun, dia memastikan petugas akan terus melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat itu.

“Untuk pasar tidak mungkin ditutup, karena sebagai tempat membeli pasokan kebutuhan pangan. Terlebih menjelang Lebaran, jadi jangan sampai tertahan,” tuntasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jelang Idul Adha, Pasar Marabahan Minim Fluktuasi Harga
Menko PMK

Kalsel

Di Kalsel, Menko PMK Soroti Ketahanan Lingkungan Banua

Kalsel

Pakar ULM: Peningkatan Kasus Covid-19 Januari 2021 Dekati Situasi Terburuk
apahabar.com

Kalsel

Malam Ini Jadwal KH Ma’ruf Dikosongkan
Covid-19 Kotabaru

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru: Tambah 1 Positif, Total 670 Kasus

Kalsel

Berburu Si ‘Melon’, Operasi Pasar di Pemurus Dalam Diserbu Warga
apahabar.com

Kalsel

Polsek Kuripan Bersama Relawan Rutin Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Hari Pertama Pendaftaran CPNS 2019 Masih Sepi, Pelamar Di Banjarbaru Diprediksi 2500 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com