Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang

Kunker BP Perda DPRD Kalsel Disambut Sekda HSS

- Apahabar.com Selasa, 18 Mei 2021 - 19:00 WIB

Kunker BP Perda DPRD Kalsel Disambut Sekda HSS

Kunker BP Perda DPRD Kalsel di Kabupaten HSS. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) Muhammad Noor menerima kunjungan kerja atau kunker Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kantor Setda Kabupaten HSS, Selasa (18/5).

Ketua BP Perda DPRD Kalsel, Hormansyah mengatakan, tujuan dari kedatangannya untuk mengharmonisasikan dan mensinkronisasikan pembentukan Perda.

Sebab, dalam waktu dekat BP Perda DPRD Kalsel akan segera mengkaji ulang beberapa Perda yang dianggap sudah tidak tepat lagi.

“Harus kaji ulang dan disesuaikan dengan peraturan pusat yang sudah berubah,” kata Hormansyah.

Harmonisasi dan sinkronisasi pembentukan Perda diupayakan supaya tidak menimbulkan pro dan kontra, saling tumpang tindih antara Perda Provinsi dan Perda Kabupaten/Kota.

Menurutnya, Perda harus saling mendukung dan bersinergi. Sebagai contoh, Pemprov membentuk Perda mengenai pertanian, maka Perda Pemkab juga harus dibentuk.

“Kami melakukan kajian-kajian ini ketika ada Perda kabupaten yang bertolak belakang dan berseberangan dengan Perda Provinsi,” ucapnya.

Didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Efran dan Kabag Hukum Setda HSS Fitri, Sekda HSS menyambut baik rangkaian kegiatan silaturahmi sekaligus kunker BP Perda DPRD Prov Kalsel.

“Pembentukan Perda di HSS maupun di Provinsi Kalsel bisa digali bersama, dan dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk kedepannya,” ujar Muhammad Noor.

Gambaran umum proses pembentukan Perda di HSS pada prinsipnya sama, sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta mengacu pada regulasi atau peraturan perundangan yang lebih tinggi.

Bahkan secara faktual dalam dua tahu terakhir, Kabag Hukum HSS Fitri mengungkapkan sudah melakukan harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, nilainya sangat efektif dalam memperkaya khasanah materi Perda.

Rencana harmonisasi antara Perda Kabupaten dan Provinsi pun disambut baik oleh Kabag Hukum Setda HSS, karena selama ini pihaknya belum pernah secara khusus melakukan harmonisasi dengan Perda Provinsi Kalsel.

“Semoga melalui pertemuan ini kita bisa bersama-sama saling mendorong harmonisasi dengan berbagai Perda di lingkup Provinsi Kalsel,” lanjutnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Bupati HSS Ikut Salat Jenazah Guru Pahampangan
apahabar.com

HSS

Pasar Murah Jadi Siasat Tekan Inflasi di Kandangan
apahabar.com

HSS

Haul ke-100 Datu Abbas,  Ini Pesan Bupati HSS
apahabar.com

HSS

Syukuran Program Ibu Hamil Sehat
apahabar.com

HSS

Warga Kurang Mampu Dapat Berkah Ramadan

HSS

Jelang Salat Jumat, Korban Terakhir Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi
apahabar.com

HSS

Bupati Achmad Fikry: SPBU di HSS Diminta Prioritaskan Salurkan BBM ke Masyarakat Kecil
apahabar.com

HSS

Simak Laporan Achmad Fikry untuk LKPj Tahun Anggaran 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com