Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten

Lepas Target, Partisipasi Pemilih PSU Pilwali Banjarmasin Diklaim Meningkat

- Apahabar.com Sabtu, 1 Mei 2021 - 14:18 WIB

Lepas Target, Partisipasi Pemilih PSU Pilwali Banjarmasin Diklaim Meningkat

Suasana pemilih ketika menggunakan hak suaranya pada PSU Pilwali Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Tingkat partisipasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 kelurahan, Banjarmasin Selatan diklaim meningkat dibandingkan Pilwali Banjarmasin pada 9 Desember lalu.

“Jika pada 9 Desember lalu cuma 51 persen, pada PSU ini partisipasi pemilih mencapai 62 persen. Peningkatanmya hampir 10 persen,” ujar Komisioner KPU Banjarmasin, Taufiqqurahman.

Menurutnya, peningkatan partisipasi pemilih tersebut merupakan sebagai suatu hal yang positif. Artinya, meningkatnya partisipasi pemilih mengindikasikan kesadaran masyarakat akan pentingnya memberikan hak suara dalam pelaksanaan Pilkada.

“Tentunya ini berita bagus, masyarakat sudah semakin banyak yang memiliki kesadaran menggunakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpin di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Kendati begitu, Taufik mengakui angka tersebut masih belum memenuhi target capaian yang dicanangkan KPU Kota Banjarmasin.

Dimana, awalnya KPU Banjarmasin menarget partisipasi pemilih mencapai 75 persen, sama seperti target pada pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu.

“Nyatanya pemilih di 3 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan hanya mencapai 51 persen. Sedangkan capaian partisipasi untuk seluruh Kota Banjarmasin hanya mencapai 57 persen lebih,” imbuhnya.

Padahal, menurut Taufik pihaknya sudah semaksimal mungkin melaksakan sosialisai PSU bersama stakeholder terkait, untuk meningkatkan pemilih agar bisa memberikan hak suaranya di ajang PSU tersebut.

Untuk itu, Taufik berjanji pihaknya akan terus melakukan evaluasi dengan melakukan sosialisasi tatap muka dengan tokoh masyarakat, melalui baliho spanduk, brosur, poster hingga media sosial untuk meningkatkan partisipasi pemilih jelang pelaksanaan PSU tingkat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 9 Juni 2021 mendatang.

“Karena pada 9 Juni nanti ada PSU pilgub lagi, mudah-mudahan nanti lebih tinggi lagi partisipasi masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Selatan,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Update Covid-19 di Indonesia: 5.136 Positif, 446 Sembuh

Kalsel

Bertambah 9, Kasus Positif Covid-19 Kalsel Jadi 58!
apahabar.com

Kalsel

Positif Corona, Belasan Karyawan RSUD Banjarmasin Terpaksa Diistirahatkan

Kalsel

Adik Korban Kolam Eks Tambang Tala Histeris, Jasad Akhirnya Ditemukan!

Kalsel

Pj Gubernur Kalsel Ingatkan Sanksi Tegas Pelaku Karhutla

Kalsel

Viral di Lambe Turah, Intip Nasib Terkini XXI Duta Mall Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Semarakkan HDKD 2019, Kanwil Kemenkumham Kalsel Gowes Bersama UPT
apahabar.com

Kalsel

Satlantas Polres Batola Sosialisasi Pelayanan Samsat Selama Pandemi
Kalsel Masih Berpayung Hujan  

Kalsel

Kalsel Masih Berpayung Hujan  
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com