Jelang Pelantikan, Karangan Bunga Anies Baswedan hingga MHM Hiasi Balai Kota Banjarmasin Belasan Terduga Pelaku Prostitusi Online Diamankan Polres Banjarbaru, 6 Masih di Bawah Umur Jelang Iduladha, Kalsel Siapkan Belasan Ribu Hewan Kurban MK Tunda Sidang, H2D Tetap Pede Diskualifikasi BirinMU Prostitusi Online di Banjarmasin Seret Anak-Anak, Sudah Puluhan Remaja Terjaring!

Lindungi Hak Konsumen, SPBU Banjarmasin Ditera Ulang

- Apahabar.com Sabtu, 8 Mei 2021 - 13:38 WIB

Lindungi Hak Konsumen, SPBU Banjarmasin Ditera Ulang

Petugas dari Disperdagin Kota Banjarmasin melakukan tera ulang di SPBU. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Alat ukur atau timbangan yang digunakan oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) seiring kali diduga tidak akurat lantaran sering digunakan.

Untuk itu Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperdagin) Kota Banjarmasin memeriksa dan menera ulang timbangan tersebut. Dalam kegiatan tersebut petugas mengecek akurasi timbangan yang digunakan SPBU.

Plt Kepala Disperindag Banjarmasin, Ichrom Muftezar, mengatakan bahwa tera ulang merupakan kegiatan rutin tahunan bidang kemetrologian.

Hal itu bertujuan untuk memberikan perlindungan hak konsumen di Banjarmasin. Selain itu, memeriksa terkait betul tidaknya takaran terhadap barang yang dijual.

“Sampai saat ini kita masih melakukan tera ulang di SPBU baik yang baru maupun lama, kita telah melakukan tera SPBU Batu di Simpang Telawang dan kawasan Basirih,” ujarnya, Sabtu (8/5).

Tezar menerangkan, pihaknya belum menemukan hal terkait kecurangan takaran tersebut. Hanya saja ada sedikit selisih yang masih dianggap batas kewajaran. Terkait itu juga belum ada laporan masyarakat.

Batas kewajaran selisih tersebut standarnya ada 0,16 ml, sedangkan tera yang baru saja dilakukan 0,5 ml.

“Alhamdulillah tidak ada ditemui hal yang terkait penyimpangan timbangan. Selisih ada tapi masih wajar karena ada peguapan,” katanya

Pelaksanaan tera juga dilakukan terhadap timbangan yang ada di pasar rakyat dan perusahaan, timbangan emas, timbangan jembatan elektronik yang ada di perusahaan.

Kemudian juga melakukan pelayanan tera/tera ulang Tangki Ukur Mobil (TUM) dan Flowmeter berkerja sama dengan Pertamina, serta pelayanan tera/tera ulang meter air rumah tangga sebanyak kurang lebih 20.000 buah pertahun bekerja sama dengan PDAM Bandarmasih.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kobra

Kalsel

INNALILLAHI! Bocah 7 Tahun di Baharu Utara Kotabaru Tewas Dipatuk Kobra
apahabar.com

Kalsel

Mengenal Rasulullah SAW Jadi Materi Tausiah Habib Asal Semarang di Peringatan Maulid Nabi
apahabar.com

Kalsel

Alalak Selatan Geger, Api Merayap Saat Warga Terlelap
apahabar.com

Kalsel

Pertanyakan Kejelasan SHGB, Warga Kuin Cerucuk Datangi DPRD Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pilpres 2019 Tak Bisa Lepas dari Politik Identitas dan Agama
apahabar.com

Kalsel

Peringatan HUT RI ke-75 di HSU, Kompol Irwan: Tetap Jaga Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Dugaan Pelanggaran Pemilu di Tanah Laut Bergulir di Polres
apahabar.com

Kalsel

Pengidap Covid-19 di Banjarbaru Tembus Belasan, Klaster Gowa Mendominasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com