Siapkan Kejutan di Gugatan MK Jilid II, H2D: Mohon Bersabar Sebulan… Raisya, Gadis Kelua Tabalong yang Hilang Sempat Ingin Mondok Alokasi Rp 1,5 M, Kawasan Siring Piere Tendean Banjarmasin Bakal Dipagar Dimotori Arul Efansyah, Eks Power Metal Dirikan Band XREAL Ditertibkan, Belasan Supeltas di Alalak Batola Diingatkan Jangan Pungli

Membanggakan, Dewan Kalsel: BUMDes Amanah Batola Jadi Contoh!

- Apahabar.com Senin, 31 Mei 2021 - 19:17 WIB

Membanggakan, Dewan Kalsel: BUMDes Amanah Batola Jadi Contoh!

Kunker Komisi I DPRD Provinsi Kalsel ke Batola. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Hj Rachmah Norlias puji Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Batola yang berhasil kembangkan bisnis ke beberapa sektor.

“BUMDes Amanah di Desa Karang Indah ini merupakan contoh yang baik untuk menjadi rujukan berbagai BUMDes dari desa-desa lain. Sebab, selain pengelolaannya yang baik BUMDes Amanah ini memiliki unit yang beragam,” ucap Hj Rachmah Norlias,Senin (31/5).

Rachmah bilang, saat ini ada delapan unit usaha yang berjalan di bawah naungan BUMDes itu. Seperti misalnya D3zz Caffe Chicken, POM mini, Pankalan elpiji 3 kilo, Kelompok ternak,Lumbung pangan, kursus Bahasa Inggris (ETV), dan unit pengelola jasa al sintan (UPJA).

Ketua BUMDes Amanah, Sunardi, menjelaskan BUMDes yang dipimpinannya ini pernah mendapat juara 2 BUMDes terbaik tingkat provinsi. Hanya saja, menurutnya, di balik semua pencapaian ini, ada berbagai kendala yang dihadapi. Contohnya adalah di sektor unit lumbung pangan.

“Sampai saat ini, kami memiliki keterbatasan stok pupuk. Kami mengharapkan ketersediaan pupuk subsidi. Selain pupuk nonsubsidi tidak cocok dengan tanaman kami, pupuk tersebut juga lebih mahal,” jelas Sunardi.

Turut berhadir pula dalam kegiatan kunker Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Zulkifli MP mengucapkan terima kasih atas peran aktif Komisi I dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan desa yang dalam hal ini terkaid BUMDes, pihaknya juga berharap, ke depan BUMDes di masing-masing desa bisa dimaksimalkan, untuk mendukung bangun kembang perekonomian di banua.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Wakil Rakyat Kalsel Berang, Sekolah Mau Disulap Jadi Karantina
apahabar.com

DPRD Kalsel

Komentar Wakil Rakyat Kalsel Setelah Ikut Swab Test
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

Sebelum Difungsikan, Komisi III DPRD Kalsel Cermati Kondisi Jembatan Alalak I
apahabar.com

DPRD Kalsel

Kenaikan Iuran BPJS Tuai Kritik Anggota DPRD Kalsel
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

DPRD Kalsel Apresiasi Tabalong dan HSU Bentuk Perda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin

DPRD Kalsel

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel: Lindungi Anak dari Aktivitas Berisiko
apahabar.com

DPRD Kalsel

Wakil Ketua DPRD Kalsel: Tindak Tegas Korporasi yang Sengaja Bakar Lahan
Denny Indrayana

DPRD Kalsel

Baku Hantam di ‘Subuh Keliling’ Denny Indrayana, Dewan Sentil Bawaslu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com