IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

Pelarangan Mudik Berakhir, Polda Metro Jaya Akhiri Penyekatan

- Apahabar.com     Sabtu, 15 Mei 2021 - 08:12 WITA

Pelarangan Mudik Berakhir, Polda Metro Jaya Akhiri Penyekatan

Pemudik bermotor memblokade dan menerobos pos penyekatan di Kedung Waringin, Bekasi, Minggu (9/5) malam. Foto-Antara/Fakhri Hermansyah

apahabar.com, JAKARTA – Polda Metro Jaya pada Jumat malam resmi mengakhiri penyekatan mudik Lebaran 2021 atau Idulfitri 1442 Hijriah.

Penyekatan digelar sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik dari pemerintah.

“Operasi penyekatan mudik berakhir malam ini yang ada di beberapa titik di tol maupun yang arah keluar Jakarta,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan seperti dilansir Antara, Jumat (14/5) malam.

Ditlantas Polda Metro Jaya juga kembali membuka jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek pada Jumat tengah malam.

“Flyover yang dari KM 10 Tol Layang MBZ itu mulai dibuka malam ini yang arah ke Cikampek,” katanya.

Kepolisian menutup jalan layang tersebut sejak 6 Mei lalu sebagai bagian dari Operasi Ketupat Jaya 2021 yang fokusnya adalah penyekatan mudik dengan menutup akses keluar dan masuk Jabotabek.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat telah memutar balik 64.612 kendaraan pemudik selama delapan hari pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2021 atau sejak 6-13 Mei.

Angka tersebut diperoleh dari 21 titik penyekatan dan 23 titik pemeriksaan (checkpoint) di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak diputarbalikan dengan total 47.627 kendaraan. Sementara untuk mobil pribadi, ada 13.880 kendaraan, mobil umum (2.556) kendaraan dan angkutan barang (549). Adapun total kendaraan yang diperiksa pada 44 pos tersebut berjumlah 131.218 kendaraan.

Yusri juga menjelaskan pihaknya turut memutarbalikkan sejumlah travel gelap yang mencoba melintasi pos penyekatan mudik.

“Ada 17 travel gelap kita putar balik,” ungkap Yusri.

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta telah menggelar penyekatan mudik lewat Operasi Ketupat Jaya 2021.

Operasi yang digelar pada 6-17 Mei 2021 tersebut adalah tindak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat yang melarang masyarakat untuk pulang ke kampung halaman demi menekan penyebaran virus Covid-19.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Anggaran Pembangunan Ibu Kota Baru Rp510 Miliar, Kapan Dikerjakan?
apahabar.com

Nasional

Pasca-teror Bom Medan, Polda Kalsel Larang Ojol Masuk
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Negara Ini Sudah Kebanyakan Peraturan
apahabar.com

Nasional

Warga Bilis-bilis Apresiasi Pembangunan Jalan Penghubung Dua Desa
apahabar.com

Nasional

China Dinilai Mainkan Pola Okupasi Efektif di Laut Natuna
apahabar.com

Nasional

PN Jaksel Bantah Tudingan Ratna Sarumpaet, Ini Jawabannya
apahabar.com

Nasional

Sah! Dibayar Lunas, Indonesia Resmi ‘Miliki’ Freeport
Pembantingan Demonstran

Nasional

Legislator Senayan Kecam Aksi Pembantingan Demonstran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com