Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN! RESMI! H2D Daftarkan Gugatan Pilgub Kalsel Jilid II ke MK

Pemilihan ‘Naga’ Simbol Nilai Seni Budaya Banjar

- Apahabar.com Minggu, 30 Mei 2021 - 23:16 WIB

Pemilihan ‘Naga’ Simbol Nilai Seni Budaya Banjar

Grand Final Pemilihan Nanang Galuh (Naga) Banjar Kota Banjarmasin di HBI. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar)  menggelar acara Grand Final Pemilihan Nanang Galuh (Naga) Banjar Kota Banjarmasin di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Minggu (30/05).

Grand final pemilihan Nanang Galuh Banjar tersebut di hadiri Pj. Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen, Kadisbudpar Kota Banjarmasin, Muhmad Ikhsal Alhak beserta dewan juri, seniman dan budayawan Kota Banjarmasin.

Fydayeen menyampaikan, Pemilihan nanang galuh Banjar Kota Banjarmasin tersebut sebagai even rutin, maka dari itu Nanang dan Galuh Banjar diharapkannya dapat memberikan sesuatu yang baru lewat seluruh keahlian dan keterampilan.

Selanjutnya, ia menyampaikan, ajang tersebut tidak hanya berorientasi pada penampilan secara fisik semata, namun juga penilaian terhadap karakter, kepribadian dan kecerdasan peserta.

“Saya berharap Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjarmasin tahun 2021 yang terpilih pada hari ini dapat mengemban dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk terus menjadi duta seni budaya urang banjar,” ucapnya.

Kemudian pria yang akrab disapa Dayeen itu menyebut selain dalam rangka memilih Nanang dan Galuh banjar yang berkualitas, ajang tersebut juga merupakan wahana untuk melestarikan budaya daerah.

“Pemilihan Nanang dan Galuh Banjar sebagai pembinaan generasi muda yang memahami makna nilai-nilai seni budaya, adat istiadat, nilai religi dari leluhur yang sudah diwariskan sejak zaman dahlu,” pungkasnya.

Dari data yang terhimpun, pemenang juara 1 Nanang dan Galuh Banjar Kota Banjarmasin tahun 2021, yakni Lani Wardhana sebagai Nanang dan Sephiara Nur Aidila Alzaru sebgai Galuh Banjar.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkot Banjarmasin

Serahkan 5 Ribu Alat Rapid Tes Antigen ke Pemkot Banjarmasin, Safrizal: Kalau Habis, Laporkan!
Drs H Mukhyar M.Ap menerima kunjungan dan silaturahmi dari PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) Persero yang bertempat di Ruang Kerja wali kota. Foto-Istimewa

Pemkot Banjarmasin

Subsidi Listrik Akibat Covid-19 di Kota Banjarmasin Diperpanjang
Vaksinasi

Pemkot Banjarmasin

Permudah Akses Lansia, Kelurahan Sungai Lulut Gelar Vaksinasi Covid-19
Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

URGEN! Pegawai Surati Plh Wali Kota Banjarmasin Minta Lockdown Balai Kota
apahabar.com

Pemkot Banjarmasin

Hore! Program Bedah Ratusan Rumah Tak Layak Huni Banjarmasin Kembali Dimulai
Wali Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Wali Kota Banjarmasin Ditunjuk Jadi Wakil Ketua Apeksi Pusat

Pemkot Banjarmasin

Bahas Penyederhanaan Birokrasi, Plh Sekdako Banjarmasin Tegas Tak Ingin Rugikan ASN
Syukuran MB GPP

Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin Ikuti Syukuran MB GPP ke 30
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com