Kritik Pedas Pengamat Soal Komunitas Moge Lintasi Jembatan Alalak Baru Dua Hari Menghilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas di Bawah Kolong Rumah Banjarmasin Utara Nekat Buka Lahan, Dua Penambang Ilegal di Kukar Kaltim Ditangkap Klaim Kantongi Rekom Pemkot, Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Beroperasi Capaian Vaksinasi Dikritik, Dianggap Biang Kerok PPKM Level 4 Banjarmasin Diperpanjang

Pemprov Kalsel 8 Kali Raih WTP, Simak Catatan dari BPK RI

- Apahabar.com     Kamis, 27 Mei 2021 - 17:08 WITA

Pemprov Kalsel 8 Kali Raih WTP, Simak Catatan dari BPK RI

Pemprov Kalsel kembali meraih penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk kedelapan kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ruang Paripurna Mansyah Addrian, DPRD Kalsel, kembali jadi saksi bisu penyematan penghargaan untuk Pemprov Kalsel.

Ya, Pemprov Kalsel kembali meraih penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk kedelapan kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Anggota VI BPK RI, Harry Azhar Azis secara simbolis menyerahkan penghargaan itu pada Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA dihadapan pimpinan dan anggota DPRD Kalsel.

Walau demikian BPK RI masih memberikan catatat atas penghargaan audit keuangan tersebut. Misalnya penyaluran transfer bagi hasil pajak daerah ke kabupaten/kota terlambat.

Kemudian Penatausahaan aset tetap belum tertib, selanjutnya kelebihan pembayaran pekerjaan konstruksi sebesar Rp 2,74 miliar. Dari catatan itu, BPK berharap Pemprov Kalsel segera membereskan catatan tersebut.

“Namun demikian, dengan tidak mengesampingkan capaian tersebut, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa masih terdapat permasalahan yang dapat mengganggu efektivitas pengelolaan belanja daerah dalam mendukung capaian IPM Kalimantan Selatan dan perlu mendapat perhatian,” kata Harry.

Harry juga menyampaikan penyusunan dan penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah belum sepenuhnya memadai.

Kemudian rencanaan program dan kegiatan belanja untuk peningkatan sarana sekolah dari di SMA, SMK dan SLB belum sesuai dengan rencana kebutuhan dan standar sarana prasarana yang belum sepenuhnya bisa digunakan.

BPK juga menilai pelaksanaan program pemenuhan tenaga kesehatan strategis daerah terpencil dan sangat terpencil belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan serta belum mendapatkan dukungan dengan bukti dokumentasi.

“Kegiatan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan program dan kegiatan yang mendukung capaian IPM belum didukung petunjuk teknis kegiatan dan dokumentasi yang lengkap serta belum sepenuhnya digunakan untuk tindakan perbaikan kinerja dan pengambilan keputusan,” katanya.

Usai mendengarkan sambutan itu Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengatakan akan menindaklanjuti rekomendasi dari BPK RI terkait temuan dalam LKPD tahun 2020 untuk peningkatan pembangunan dan pemerintahan.

Safrizal bilang, Kalsel menghadapi tantangan yang makin besar ke depan, terlebih di tahun-tahun ini. Di mana pemerintah mesti melakukan refocusing anggaran mesti dilakukan untuk penanganan wabah Covid-19.

“Tahun ini merupakan years of challenge. Meski di bawah tekanan keadaan, Kalsel masih mampu mempertahankan opini WTP hingga kedelapan kalinya,” tambah Safrizal.

Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, menambahkan penyampaian LHP menjadi titik tolak pembuatan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dan Rancangan Peraturan Daerah APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021.

“Semoga ini dapat tetap dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Pemprov Kalsel

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Wakil Ketua DPRD Kalsel: Tindak Tegas Korporasi yang Sengaja Bakar Lahan
Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin mengusulkan P3K bisa ikut memiliki hunian dengan fasilitas KPR Tapera. Foto-Istimewa

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Usul Pegawai Honor P3K Bisa Nikmati Progam KPR Tapera

DPRD Kalsel

DPRD Kalsel Dukung Anak Muda Beternak Ikan

DPRD Kalsel

Catat! Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin di Kalsel Gratis
apahabar.com

DPRD Kalsel

Antrean Mengular, GTTP Kalsel Didesak Percepat Uji PCR
apahabar.com

DPRD Kalsel

Gembong Narkoba Rp 6 M Dibekuk, Ketua DPRD Kalsel Acungkan Dua Jempol

DPRD Kalsel

Drainase Provinsi di Tanbu Tak Berfungsi, DPRD Kalsel Cari Solusi
apahabar.com

DPRD Kalsel

Lensa Foto DPRD Banjarmasin 2020: Dari Maulid Nabi hingga PAW 2 Anggota yang Nyalon Wali Kota
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com