Raisya, Gadis Kelua Tabalong yang Hilang Sempat Ingin Mondok Alokasi Rp 1,5 M, Kawasan Siring Piere Tendean Banjarmasin Bakal Dipagar Dimotori Arul Efansyah, Eks Power Metal Dirikan Band XREAL Ditertibkan, Belasan Supeltas di Alalak Batola Diingatkan Jangan Pungli Kecelakaan Beruntun Berujung Maut, Pengemudi Diduga Konsumsi Miras

Pemprov Kalsel Siaga 1 Banjir, Bagaimana Banjarmasin?

- Apahabar.com Kamis, 20 Mei 2021 - 13:55 WIB

Pemprov Kalsel Siaga 1 Banjir, Bagaimana Banjarmasin?

Saat Idulfitri, banjir kembali melanda beberapa wilayah di Kalsel. Foto-Tangkapan Layar

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemprov Kalsel memutuskan status siaga satu untuk mengantisipasi musibah banjir dan air pasang pada pertengahan Juni 2021 nanti. Mereka menghimbau untuk kabupaten/kota menerapkan status yang sama.

Lantas bagaimana Kota Banjarmasin?

Pemerintah Kota (Pemkot) rupanya sudah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi risiko meningkatnya permukaan air sungai.

Plh Sekretaris Daerah Sekdakot Banjarmasin, Mukhyar mengatakan bahwa pengalaman dalam menangani banjir kemarin merupakan pelajaran yang berharga dalam menyikapi kondisi alam saat ini.

“Belajar dari pengalaman banjir awal tahun tadi, makanya antisipasi terus kita lakukan khususnya melalui instansi terkait,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya juga sudah menginstruksikan dinas terkait untuk lebih intens dalam membersihkan saluran air dan upaya normalisasi sungai.

“Pasukan turbo milik Dinas PUPR kita juga memaksimalkan kinerjanya agar kejadian (banjir) kemarin tidak kembali terulang,” pungkasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Edy Wibowo mengatakan bahwa pihaknya pun siap menjalankan instruksi dari Pj Gubernur Kalsel.

“Semua sesuai dengan arahan dari PJ Gubernur Kalsel. Dan ini agar kita lebih waspada dini,” ujarnya.

Jauh dari penetapan status itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Doyo Pudjadi pernah berkata, bahwa berbagai upaya terus dilakukan.

Salah satunya adalah terus melakukan kegiatan normalisasi dan pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan-pendangkalan.

“Kita sudah mengerahkan pasukan turbo untuk melakukan pengerukan sungai-sungai, dan ini tujuannya adalah agar sungai pun bisa menampung debit air lebih besar,” tandasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tekan Laju Covid-19, Camat dan Kades di Tabalong Diperintahkan Tutup Tempat Wisata
apahabar.com

Kalsel

Pelabuhan Martapura Lama, Terbaik di Kalsel-tim yang Punah oleh Sedimentasi?

Kalsel

Balitbangda Kalsel Kaji Rencana Pembangunan Kereta Bandara
apahabar.com

Kalsel

Dana Bantuan Penyandang Disabilitas di Kotabaru Nyaris Tembus Rp1 Miliar
kapolda

Kalsel

Akhiri Masa Jabatan, Kapolda Kalsel Pamit ke Imam Mushalla Ar Raudhah Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

PSI Kalsel Sebut Bantuan Pemkot Banjarmasin Belum Maksimal
apahabar.com

Kalsel

Tanggapan Sekda Tabalong tentang Status Wabup Zony
apahabar.com

Kalsel

Angkasa Pura I Bantah Sewa Tempat Bagi UMKM Rp 80 Juta Per Bulan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com