Sudah Ditemukan, Jasad Korban Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi Besok Banjir di Haruyan HST Berangsur-Angsur Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu Kasus Covid di Balikpapan Melandai, Hari Ini Hanya Bertambah 5 Orang Banjir di Satui Tanbu, Ratusan Jiwa Mengungsi

Ribuan Narapidana Kalsel Diusulkan Terima Remisi Khusus Idulfitri

- Apahabar.com Selasa, 4 Mei 2021 - 13:36 WIB

Ribuan Narapidana Kalsel Diusulkan Terima Remisi Khusus Idulfitri

Kegiatan Salat Isya dan tarawih di Lapas Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ribuan Narapidana (Napi) di Kalsel diusulkan menerima Remisi Khusus Idul Fitri 2021 yang dijadwalkan jatuh pada 13 Mei mendatang.

Sedikitnya ada 4.842 Napi yang tersebar di 14 lembaga pemesanan (Lapas) maupun rumah tahanan (Rutan) di Kalsel diusulkan mendapat remisi khusus Idulfitri kali ini.

“Mereka ada yang mendapat remisi khusus I dan ada yang remisi khusus II,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Sri Yuwono, Selasa (4/5).

Tercatat, dari 4.842 Napi 4.828 di antaranya diusulkan mendapatkan remisi khusus I, dengan kata lain, menerima pengurangan masa tahanan. Sementara 14 Napi lainya menerima remisi khusus II, alias bebas langsung ketika menerima.

“Besarannya itu macam-macam. Ada pengurangan masa tahanan mulai dari lima belas hari, satu bulan, kemudian satu bulan setengah hingga paling besar dua bulan,” beber Yuwono.

Lebih rinci dijelaskan Yuwono, untuk penerima remisi khusus I ada 792 Napi yang menerima remisi 15 hari, 3.516 Napi menerima satu bulan, 451 Napi menerima satu bulan setengah, dan 69 Napi yang menerima dua bulan.

Lalu resmi khusus II ada empat Napi yang menerima 15 hari, tiga Napi menerima satu bulan, dan tujuh Napi menerima satu bulan setengah. “Diperkirakan nanti akan diberikan secara simbolis saat hari H Idulfitri,” imbuhnya.

Selain Napi dewasa, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel juga mengusulkan pembangunan remisi khusus Idulfitri untuk Napi anak, yang berjumlah 55 anak.

Rinciannya 26 Napi anak menerima remisi khusus I 15 hari, 27 Napi anak menerima satu bulan, dan dua menerima satu bulan setengah.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Puluhan Hektar Lahan di Kabupaten Banjar Terbakar, Kepala BPBD Sempat Terkecoh
Ansor

Kalsel

Sah! Pengurus GP Ansor Tapin Dilantik, Siap Cetak Ratusan Banser
apahabar.com

Kalsel

Dikawal Ratusan Personel, Polisi: Demonstrasi Depan DPRD Kalsel Kondusif
Banjarmasin

Kalsel

H-2 Ramadan, Distribusi Elpiji di Kalsel Macet Lagi Gara-Gara Jalan Rusak
apahabar.com

Kalsel

Menpora Tantang Tour de Batola
Pentol

Kalsel

Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Kalsel Siap ‘Tempel’ KH Ma’ruf Amin
apahabar.com

Kalsel

Jelang Ramadan, TPID Kalsel Rakor Pengendalian Inflasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com