Jelang Sahur, Jago Merah Ngamuk di Ratu Zaleha Banjarmasin Motor Vs Motor di Paharuangan Kandangan, Pemuda Simpur Tewas Seketika Duduk Perkara Viral Pria Bersajam Ngamuk di Nagasari Banjarmasin hingga Bergumul dengan Polisi Gunung Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas Setinggi 500 Meter Kepung Serda Nurhadi, Belasan Pelaku Diamankan Polisi dan TNI

Ricuh Bagi-Bagi Proyek di PPU, Serikat Buruh: Jangan Sampai Terjadi di Balikpapan

- Apahabar.com Minggu, 2 Mei 2021 - 14:46 WIB

Ricuh Bagi-Bagi Proyek di PPU, Serikat Buruh: Jangan Sampai Terjadi di Balikpapan

Ilustrasi pekerja proyek. Foto-Ist

apahabar.com, BALIKPAPAN – Perebutan proyek di Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim, yang berakhir ricuh mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Ketua Forum Serikat Pekerja/Serikat Buruh (FKSP/SB) Kota Balikpapan, Mugianto, meminta pemerintah setempat melakukan langkah antisipatif agar kejadian serupa tidak terjadi di Balikpapan.

Salah satu caranya yakni dengan
melakukan pemetaan terhadap kapling proyek, sehingga tidak ada warga lokal yang merasa jadi penonton di daerahnya sendiri.

“Harusnya ada peran dari pemerintah untuk memetakan kapling-kapling pekerjaan itu. Jadi memang butuh peran, baik dari Pemkot juga, sehingga tidak terjadi. Yang diinginkan oleh kawan-kawan LSM itu ada pembagian yang jelas dan proporsional lah, sebab jangan sampai kita orang lokal tapi kok tidak mendapatkan apa-apa,” ujarnya usai mendatangi kantor Pemkot Balikpapan dalam peringatan Hari Buruh, Sabtu (1/5).

Dia menjelaskan sejatinya keributan soal pembagian proyek sempat terjadi di Balikpapan. Namun, kondisi itu segera bisa diatasi, sehingga tidak sampai menimbulkan kericuhan.

“Itu sebenarnya sudah terjadi di Balikpapan, tapi dalam artian begini, ada 13 ormas yang saat itu menuntut proyek ke Pertamina tapi sudah disiasati oleh Pertamina itu dibagi. Ya, alhamdulillah sekarang bisa reda,” ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengatakan pihaknya akan memanggil sejumlah ormas serta berkoordinasi dengan pihak-pihak pemberi proyek.

“Kita juga nanti akan masukkan ini dalam bahasan forum komunikasi pimpinan daerah supaya kasus yang di PPU tidak terjadi di Balikpapan,” pungkasnya.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pertamina

Kaltim

Dampak Larangan Mudik, Pertamina Kalimantan: Konsumsi Avtur Menurun
apahabar.com

Kaltim

Jokowi Sumbang Sapi Ongole Putih ke Kaltim
Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 17 Orang

Kaltim

Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 17 Orang
apahabar.com

Kaltim

2019, Pelayanan Kaltim Harus Ditingkatkan
apahabar.com

Kaltim

Penumpang Misterius yang Lompat dari KM Lambellu Belum Ditemukan
apahabar.com

Kaltim

Maloy Batuta Trans Kalimantan Ditarget Akhir Januari
apahabar.com

Kaltim

Kurangi Banjir, Kaltim Coba Kolam Retensi
Salah satu titik banjir di kota Balikpapan. Foto-Istimewa

Kaltim

Ratusan Rumah di Balikpapan Terendam Banjir, Basarnas Siaga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com