Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

SAH! MK Kembali Tolak Permohonan AnandaMu, Ibnu-Ariffin Segera Dilantik

- Apahabar.com     Kamis, 27 Mei 2021 - 11:56 WITA

SAH! MK Kembali Tolak Permohonan AnandaMu, Ibnu-Ariffin Segera Dilantik

MK menyatakan permohonan AnandaMu tidak dapat diterima, menyatakan sah keputusan KPU Banjarmasin yang memenangkan Ibnu-Ariffin tertanggal 2 Mei 2021, memerintahkan KPU menetapkan Ibnu-Ariffin sebagai pasangan calon terpilih. Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menolak permohonan Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu) dalam sidang putusan sengketa hasil Pilwali Banjarmasin, Kamis (27/5).

“MK tidak memperoleh keyakinan pihak terkait telah berupaya secara terstruktur, sistematis, masif untuk memengaruhi para pemilih di tiga kelurahan dengan iming-iming uang ataupun materi lain dengan tujuan untuk memenangkan pihak terkait,” ujar hakim MK, Aswanto dalam pertimbangan putusannya.

Pihak terkait dimaksud adalah Ibnu Sina-Ariffin Noor. Sementara termohonnya adalah KPU Banjarmasin.

Berdasarkan pertimbangan lainnya, MK juga telah mencermati secara saksama bukti-bukti yang diajukan AnandaMu mengenai adanya pelanggaran kampanye terselubung pasca-putusan MK dalam PSU Banjarmasin.

Pun, MK tidak menemukan adanya fakta hukum ketidaknetralan penyelenggara pemilu. Artinya, MK tidak memiliki alasan kuat untuk membatalkan keputusan KPU Banjarmasin memenangkan paslon Ibnu-Ariffin.

MK juga menilai permohonan AnandaMu tidak memenuhi ketentuan Pasal 158 II 10/2016 berkenaan dengan kedudukan hukum. Andai pun memiliki kedudukan hukum, dalil dalil pokok permohonan AnandaMu dianggap tidak beralasan.

Oleh karena itu, demi kepastian hukum MK menyatakan sah rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU Banjarmasin yang memenangkan Ibnu-Ariffin.

Ibnu-Ariffin Segera Dilantik

Selanjutnya MK memerintahkan kepada KPU untuk menetapkan pasangan calon terpilih dalam Pilwali Banjarmasin 2020.

Ada delapan poin kesimpulan yang dibacakan Ketua Hakim MK, Anwar Usman. Yang intinya, MK menyatakan permohonan AnandaMu tidak dapat diterima, menyatakan sah keputusan KPU Banjarmasin yang memenangkan Ibnu-Ariffin tertanggal 2 Mei 2021, memerintahkan KPU menetapkan Ibnu-Ariffin sebagai pasangan calon terpilih.

Sebelumnya, MK mengagendakan sidang pengucapan putusan gugatan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali Banjarmasin pada hari ini, Kamis (27/5).

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Cuaca Kalsel Hari Ini

Banjarmasin

Cuaca Kalsel Hari Ini: Waspada, 5 Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Petir
Banjarmasin

Banjarmasin

Sekelumit Kisah Octavia, Ibu Muda yang Tewas Tertabrak Mobil BPK di Banjarmasin
pemkot

Banjarmasin

Kabar Baik! Banjarmasin Rencanakan Gelar Pekan Gebyar Vaksinasi Massal
Banjarmasin

Banjarmasin

Jangan Coba-Coba! Intimidasi di PSU Pilwali Banjarmasin, Penjara Menanti
Banjarmasin

Banjarmasin

Drama Pengembalian THR Pegawai di Banjarmasin, Dinkes Terbitkan Surat Sakti
Banjarmasin

Banjarmasin

Resmi, Belajar Tatap Muka di Banjarmasin Digelar Mulai Pagi Ini
Vaksinasi

Banjarmasin

Genjot Vaksinasi, Banjarmasin Kejar Target Capaian 50 Persen
Denny Indrayana

Banjarmasin

Sikapi Dingin Pemanggilan Bentuk Protes Denny ke Bawaslu Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com