Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN!

Salahi Aturan, Puluhan Knalpot Brong Disita Satlantas Polres Batola

- Apahabar.com Senin, 17 Mei 2021 - 16:52 WIB

Salahi Aturan, Puluhan Knalpot Brong Disita Satlantas Polres Batola

Kasatlantas Polres Barito Kuala, AKP Didik Yudi Prayitno, memegang salah satu knalpot tidak standar hasil penyitaan. Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Sekitar tiga pekan menggelar penertiban, Satlantas Polres Barito Kuala menyita 37 knalpot sepeda motor tidak standar alias brong.

Berlangsung sejak 6 Mei 2021, knalpot berbagai merk dan harga itu paling banyak ditemukan dalam serangkaian operasi di Kecamatan Alalak dan Marabahan.

Selain knalpot brong bikinan pabrik, juga terdapat sejumlah knalpot standar yang sengaja dibobok agar bersuara lebih keras.

“Penertiban didasari Telegram Kapolri Nomor 428 Tahun 2021 tentang layak teknis kendaraan, khususnya knalpot yang tidak standar atau brong,” jelas Kapolres Batola, AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif, melalui Kasatlantas AKP Didik Yudi Prayitno, Senin (17/5).

“Selama tiga minggu penertiban, kami menyita 37 knalpot tidak standar. Sementara pengendara ditindak dengan tilang,” imbuhnya.

Larangan penggunaan knalpot tidak standar telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Kemudian diatur pula dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (MenLH) di Nomor 7 Tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan.

Adapun ambang kebisingan dalam PermenLH adalah 77 desibel (dB) untuk motor berkapasitas 80cc. Kemudian 83 dB untuk motor 80cc hingga 175cc, serta 80dB untuk motor di atas 175cc.

“Kami berharap masyarakat pengguna sepeda motor agar mempertahankan perangkat standar yang dikeluarkan pabrik,” tegas Didik.

“Jangan melakukan modifikasi yang mengurangi kenyamanan dan keamanan. Pun knalpot brong mengganggu ketertiban umum, karena suara yang terlalu bising,” imbuhnya.

Selain dalam rangkaian operasi kewilayahan, penertiban knalpot brong akan dilakukan Satlantas Polres Batola secara berkelanjutan.

“Kami berencana membuat monumen peringatan dari knalpot sitaan ini, agar yang punya menyadari kesalahan. Diharapkan tidak terjadi lagi pemakaian knalpot tidak standar,” tandas Didik.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Digandeng Diskoperindag Batola, Pekerja Bengkel Las Bikin Alat Cuci Tangan Portabel
apahabar.com

Batola

Bantu Bayi Hidrosefalus, Bupati Batola Juga Tekankan Evaluasi Pelayanan Kesehatan

Batola

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Guru di Batola Mulai Divaksin Covid-19
Tata Ruang

Batola

Langgar Aturan Tata Ruang, Bangunan Milik Dua Perusahaan di Batola Dibongkar
Alalak

Batola

Disebut Picu Penyetopan Feri di Alalak, Wabup Batola Buka Suara
apahabar.com

Batola

Tetap Nol Kasus, Tugas Berat Menunggu Tabukan

Batola

Selama Libur Panjang, ASN Batola Diimbau Tak Keluar Kota
apahabar.com

Batola

Angin Kencang Mengamuk di Alalak, Puluhan Rumah Rusak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com