Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN! RESMI! H2D Daftarkan Gugatan Pilgub Kalsel Jilid II ke MK

Sedang Berlangsung, Evakuasi Korban Terakhir Longsor di Batu Bini HSS

- Apahabar.com Jumat, 14 Mei 2021 - 11:16 WIB

Sedang Berlangsung, Evakuasi Korban Terakhir Longsor di Batu Bini HSS

Proses evakuasi korban longsor di Desa Batu Bini yang dilakukan tim SAR gabungan. Foto: apahabar.com/Nuha Foto-Relawan gabungan

apahabar.com, KANDANGAN – Proses evakuasi korban terakhir dalam longsor di Dusun Hariyang, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Hulu Sungai Selatan (HSS), mulai dilakukan, Jumat (14/5) pagi.

Evakuasi korban bernama Suyatno itu dilakukan sekitar pukul 09.30 Wita oleh tim SAR gabungan yang dari Basarnas, BPBD, TNI dan Polri, relawan PMK/BPK dan warga sekitar.

“Posisi korban memang sudah ditemukan, Kamis (14/5), tapi masih terjebak material longsor,” papar Andy Surya Sinaga, Koordinator Basarnas Tabalong.

Proses evakuasi menggunakan satu unit alat berat. Diawali dengan menggali lubang di satu titik penemuan, sehingga sebongkah batu besar berhasil digeser.

Sedangkan posisi korban ditemukan tidak jauh dari lokasi dump truk pengangkut yang tertimpa longsor.

“Kami membuat lubang untuk mengubah posisi batu jatuh dengan berlawanan arah dari posisi korban,” jelas Andy Surya.

Setelah dapat dievakuasi, direncanakan jenazah korban langsung dibawa ke RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan untuk dibersihkan, sebelum dikebumikan keluarga.

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD HSS, Syamsudin, menjelaskan telah memperkirakan sisa korban longsor di Desa Batu Bini berada di bawah batu berukuran besar.

“Hal itu sesuai cerita salah seorang korban selamat yang sempat melihat Suyatno masih memuat batu ke dalam truk, sebelum musibah itu terjadi,” jelas Syamsudin.

Longsor yang menewaskan empat warga tersebut terjadi sekitar pukul 13.30, Selasa (11/5). Total enam warga terkena dampak, dua di antaranya berhasil selamat.

Korban pertama bernama Muhammad Haris, ditemukan tewas tidak lama setelah kejadian. Disusul Ahmad Saipullah (17) dan Samideri (50) beberapa jam kemudian.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HSS

ASN di Kabupaten HSS Patungan Bantu Palestina, Dana Terkumpul Ratusan Juta
apahabar.com

HSS

Safari Ramadan Terakhir Bupati Sambangi Masjid Baiturrahman Sungai Raya
Bupati HSS, H Achmad Fikry. Foto-Istimewa

HSS

Bupati Resmikan RTH dan Taman Bermain Anak ‘Datu Abul Hasan’ Padang Batung
apahabar.com

HSS

Kolaborasi Pemkab HSS, TNI, dan Polri Dirikan Dapur Umum Tiga Pilar

HSS

Pelaku Pembunuhan di Banjarbaru Berhasil Dicegat Macan Amandit di Kandangan
Sawit HSS

HSS

Ganti Rugi Lahan HSS, Perusahaan Sawit PT SAM Mangkir Saat Mediasi
APK

HSS

Tak Turunkan Sendiri APK Sebelum Masa Tenang, Bawaslu HSS Siap Tertibkan
apahabar.com

HSS

Paparkan Capaian, Bupati Kandangan Sampaikan LKPJ 2018
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com