Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten

Tidak Ada Jam Malam, Berikut Perlu Dipersiapkan Pelaku Perjalanan Masuk Banjarbaru

- Apahabar.com Rabu, 5 Mei 2021 - 11:07 WIB

Tidak Ada Jam Malam, Berikut Perlu Dipersiapkan Pelaku Perjalanan Masuk Banjarbaru

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, saat menghadiri kegiatan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat Ketupat Intan 2021 Polres Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Bagi pelaku perjalanan yang ingin masuk wilayah Banjarbaru harus mempersiapkan sejumlah syarat yang diminta petugas di lapangan.

Syarat kelengkapan tersebut, di antaranya kelengkapan surat-menyurat dari kartu identitas hingga surat kesehatan.

Tentu surat kesehatan yang dibawa harus menunjukkan keterangan negatif Covid-19 menurut swab antigen ataupun PCR. Juga mengantongi surat izin keluar atau masuk atau SIKM.

“Kita sampaikan amanat dari Kapolri, pertama adanya pengecekan surat terhadap pengunjung atau penyintas baik swab antigen atau membawa hasil PCR dan lain-lain. Juga dari tim terpadu akan melakukan imbauan agar tidak ada kerumunan-keumunan,” ujar Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin kepada apahabar.com, Rabu (5/5/2021).

Itu, diwajibkan bagi mereka yang di luar wilayah aglomerasi.

Untuk masyarakat wilayah aglomerasi diberi keringanan dengan tidak harus membawa lengkap surat-menyurat tersebut. Namun wajib membawa kartu identitas.

Sebab, kartu identitas sendiri digunakan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan termasuk warga dari wilayah aglomerasi.

Seperti diketahui, tidak ada penyekatan di wilayah aglomerasi seperti Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Batola, dan Tanah Laut. Namun ada didirikan beberapa pos pelayanan.

Di mana pada pos pelayanan tersebut akan dilakukan pengecekan ihwal surat menyurat tadi.

Lantas apakah ada pemberlakuan jam malam?

“Tidak ada pemberlakuan jam malam. Tapi kita masih mengikuti aturan PPKM skala mikro, yaitu pembatasan kegiatan sampai pukul 22.00 Wita,” terangnya.

Selain itu, petugas juga akan melakukan pengawasan ketat terhadap tempat-tempat perputaran ekonomi.

“Seperti tempat perbelanjaan, pariwisata dan tempat keramaian lainnya agar melaksanakan prokes, misal pembatasan pengunjung 50 persen, lalu one gate system, dan berkoordinasi dengan satgas,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru, AKBP Doni Hadi Santoso, mengatakan meski untuk masyarakat khususnya wilayah aglomerasi yang ingin memasuki wilayah Banjarbaru tidak harus menunjukkan surat secara lengkap, namun tetap harus mempersiapkannya. Sebab, akan ada pengecekan kelengkapan surat secara acak.

“Banjarbaru masuk wilayah aglomerasi, sehingga warga di situ apabila akan melakukan perjalanan dinas tidak diperiksa secara khusus, SIKM tidak harus, kartu kesehatan juga tidak harus. Tapi kami menekankan warga menyiapkan semua kelengkapannya,” tegasnya.

Sebab, pada pos pelayanan yang berada di 3 titik tepatnya di depan Q-mal, KCG dan simpang LIK Liang Anggang akan ada pengecekan kesehatan secara acak.

“Kita utamakan pelayanan di posko tersebut . Kita atur sesuai prokes karena masuk aglomerasi,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

30 Caleg Terpilih DPRD HST Ditetapkan
apahabar.com

Kalsel

Miris Lihat Perjuangan Guru, Wakil Ketua DPRD Kalsel Beri Bantuan untuk IGI Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Jenazah Datang, Anak Korban Tersetrum Saat Banjir di Martapura Pingsan
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Tapin Hadiri Acara Mahasiswa di Banjarbaru

Kalsel

Malam Lebaran, Warga di Martapura Bak Lupa PSBB!
apahabar.com

Kalsel

Akhirnya, Korban Perahu Karam di Batola Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Tren Penularan Meningkat, Waspada Ledakan Kasus Covid-19 di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Kisruh Seleksi Pemilihan Kades di Kabupaten Banjar, Dinas PMD Diprotes
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com