Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

10 Pedagang di Pasar Pandansari Terjaring Razia, Disanksi Rp5 Juta

- Apahabar.com     Kamis, 24 Juni 2021 - 20:37 WITA

10 Pedagang di Pasar Pandansari Terjaring Razia, Disanksi Rp5 Juta

Petugas melakukan razia yustisi di area Pasar Pandansari. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Area Pasar Pandansari yang baru saja ditertibkan pada Rabu (23/6) kemarin lantaran berdiri di atas fasilitas umum (fasum) terus diawasi petugas. Sebab sejumlah pedagang nekat membuka kembali lapaknya meski sudah ditertibkan sebelumnya.

Benar saja, petugas menjaring 10 pedagang yang kembali berjualan di atas fasum pada Kamis (24/6). Para petugas pun melakukan penindakan, yakni menyita meja atau lapak jualannya.

“Hari ini ada 10 orang yang terjaring razia di Pasar Pandansari, mereka coba buka lagi di area yang kemarin ditertibkan,” kata Kepala Satpol PP Balikpapan, Zulkifli ditemui di Pemkot sore tadi.

Memang sudah menjadi kebiasaan para pedagang yang berdiri di area fasum ini untuk kembali berjualan setelah dilakukan penertiban. Namun, Zulkifli menegaskan bahwa untuk kali ini pihaknya tidak akan mentolerir lagi kepada para pedagang yang nekat buka kembali lapaknya di area yang dilarang itu.

“Memang masih ada yang coba-coba buka lagi, jangankan hari ini, kemarin sore aja sudah ada yang buka payung. Hanya kemarin kita tidak yustisi karena masih persuasif,” ujarnya.

Alhasil, 10 pedagang tersebut dikenakan sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring), yakni denda Rp5 juta atau kurungan penjara selama tiga bulan lamanya. Sanksi ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum.

“Jadi nanti dia kena tindak pidana ringan (tipiring), jadwalnya tanggal 30 Juni nanti sidang di pengadilan secara virtual. Nanti sesuai dengan yang kita tipiringkan di dalam Perda yakni denda setinggi-tingginya itu Rp5 juta atau kurungan 3 bulan penjara. Kalau tidak bayar ya bisa dihukum oleh aparat hukum,” pungkas Zulkifli.

Pasar Pandansari

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kaltim Jajaki Kerja Sama 4 Sektor dengan Belgia
apahabar.com

Kaltim

Wisata di Ibu Kota Negara, Gubernur: Orang Kaltim Harus Senang Dulu
apahabar.com

Kaltim

Titik Hotspot Kebakaran di Kaltim Meningkat
apahabar,com

Kaltim

Pelajar yang Tenggelam di Sungai Karang Mumus Akhirnya Ditemukan!
Kapolresta Balikpapan

Kaltim

Kapolresta Balikpapan Berganti, Simak Pesannya

Kaltim

Balikpapan Waspada Karhutla, Titik Hotspot Muncul di BIC
Idulfitri

Kaltim

Gelar Open House Lebaran, Gubernur Kaltim: Sanksi Moral Menanti
Teroris

Kaltim

Teroris yang Ditangkap di Balikpapan Terkait Kasus Bom di Makassar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com