Lebarkan Sayap, bjb Sekuritas Rambah Investasi Pasar Modal Jabar Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Gugatan Jilid II Denny Indrayana Rontok, MK Kuatkan Kemenangan BirinMu Coffee Shop Banjarmasin Dibobol Maling, Terekam CCTV Pelaku Telanjang Bulat PPKM Level IV, Covid-19 di Banjarmasin-Banjarbaru Malah Naik….

15 Nakes Puskesmas di Situbondo Terpapar Covid-19

- Apahabar.com     Selasa, 22 Juni 2021 - 00:30 WITA

15 Nakes Puskesmas di Situbondo Terpapar Covid-19

Ilustrasi varian baru Covid-19, mutasi virus corona. Foto-Shutterstocki/Orpheus FX

apahabar.com, SITUBONDO – Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengungkapkan sebanyak 15 tenaga kesehatan (nakes) di sebuah puskesmas di daerah itu terpapar virus corona jenis baru atau Covid-19 varian baru.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Dwi Herman Susilo, menjelaskan sebelumnya ada delapan nakes di Puskesmas Banyuputih yang diketahui positif Covid-19, sehingga layanan kesehatan di tempat itu sempat ditutup sementara.

“Saat ini ada tambahan tujuh lagi tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. Karena itu kami kembali menutup sementara layanan kesehatan di Puskesmas Banyuputih,” katanya di Situbondo, seperti dilansir Antara, Senin (21/6).

Ia menjelaskan pada pekan lalu, Puskesmas Banyuputih sudah ditutup sementara untuk layanan IGD dan rawat inap, dan hanya melayani pasien rawat jalan untuk mengantisipasi semakin meluasnya penyebaran virus tersebut.

“Baru saja kami berkoordinasi dengan Pak Sekda dan segera menutup sementara semua layanan kesehatan di Puskesmas Banyuputih, mulai hari ini hingga pekan depan,” ujar Dwi.

Selama Puskesmas Banyuputih ditutup sementara, katanya, semua layanan kesehatan dialihkan ke puskesmas pembantu (pustu) di Desa Sumberanyar.

“Jadi, Puskesmas Banyuputih kembali ditutup sementara untuk semua layanan agar lebih efektif dan agar benar-benar steril di puskesmas itu. Sebelumnya kan sudah ditutup untuk layanan di UGD dan rawat indap, tapi masih dibuka untuk layanan rawat jalan, sekarang kami tutup total,” ucapnya.

Selain tenaga kesehatan, Dwi menjelaskan beberapa hari lalu empat personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo juga terpapar Covid-19 setelah mengikuti kegiatan latihan menyelam di Pantai Pasir Putih.

“Ada empat personel di BPBD yang juga terpapar Covid-19, tapi semuanya berstatus orang tanpa gejalan atau OTG,” katanya.

Informasi di Dinas Kesehatan menyebutkan, selama 18-20 Juni 2021, jumlah warga Situbondo terpapar Covid-19 bertambah 72 orang, dengan jumlah kematian selama tiga hari itu mencapai tujuh orang.

Data itu juga menyebutkan, hingga Minggu (20/6) secara akumulatif kasus Covid-19 di Situbondo mencapai 2.723 orang, dengan rincian 2.391 sembuh, 211 orang meninggal, kasus aktif dan dalam perawatan 121 orang (dirawat di rumah sakit 25 pasien, gedung observasi empat orang, isolasi mandiri 92 orang).

Dwi mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk menekan angka penularan virus yang di sejumlah daerah lain kini juga semakin banyak yang terpapar itu.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19 di Indonesia

Nasional

Update Lengkap Kasus Covid-19 di Indonesia 4 Juni
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Akan Hadiri HPN 2020 Lebih Awal

Nasional

Catat! Peraturan Terbaru Perjalanan Dalam Negeri Usai Libur Lebaran
Hilal

Nasional

BMKG Pantau 34 Titik Lokasi Hilal Awal Ramadan 1422 H
FPI

Nasional

Soal Penembakan Anggota FPI, Komnas HAM: Ada yang Ambil CCTV
Bercumbu

Nasional

Viral Video ‘Pria-Wanita Bercumbu Tak Bisa Dilepas’, Cek Faktanya!
apahabar.com

Nasional

Soal Video Bullying Siswi SMA, Kementerian PPPA Lakukan Koordinasi Penanganan Daerah
Mahkamah Konstitusi

Nasional

MK Terima 21 Pengajuan Sengketa Pilkada, Termasuk Pilwali Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com