Kasus Oknum TNI Tembak Warga di Tanah Bumbu Masuk Babak Baru Sopir PT BKB Ditemukan Tewas di Tapin, Diduga Korban Pembunuhan Duh, Nelayan Dirgahayu Kotabaru Lenyap di Perairan Samber Gelap Rujuk Ditolak! Pemuda di Kelua Tabalong Jambret Ibu Muda Viral, Foto Anji Tersenyum Usai Ditangkap Polisi karena Narkoba

Antisipasi Karhutla, Pemkab HSS Gelar Rapat Koordinasi

- Apahabar.com Kamis, 10 Juni 2021 - 19:23 WIB

Antisipasi Karhutla, Pemkab HSS Gelar Rapat Koordinasi

Sekretaris Daerah HSS, HM Noor memimpin rakor antisipasi karhutla di Ruang Aula Kantor BPBD Kabupaten HSS, Kamis (10/6). Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Pemkab HSS menggelar rapat koordinasi dengan semua elemen terkait.

Rakor dipimpin Sekretaris Daerah HSS, HM Noor di Ruang Aula Kantor BPBD Kabupaten HSS, Kamis (10/6).

Kegiatan rakor itu dihadiri oleh Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, Pasi Ops Kodim 1003 Kandangan Kapten Inf Bambang Kiswoyo, Kepala BPBD HSS H Syamsuddin, Kepala Satpol PP Damkar HSS H Iwan Friady, Kepala OPD yang terkait, perwakilan perusahaan PT SAM, SLS dan AGM, Manggala Agni, kerukunan PMK dan BPK, dan Orari.

Rakor dilaksanakan untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini pencegahan karhutla dan mencek kesiapan peralatan dan personel.

Rakor juga bertujuan untuk terciptanya sinergitas dari semua elemen dalam upaya bahu membahu dalam penanganan karhutla di Kabupaten HSS.

Sekda HSS, HM Noor menyampaikan kesimpulannya, bersepakat menetapkan status siaga darurat dari tanggal 1 Juli sampai 31 Oktober 2021.

“Kemudian pada dasarnya peserta rapat hari ini, semua perusahaan, baik instansi pemerintah, Polri, TNI dan perusahaan siap dalam antisipasi karhutla ini,” kata Sekda.

“Kesepakatan kita untuk lebih masif lagi memberikan sosialisasi kepada masyarakat lebih awal. Sehingga masyarakat diharapkan memahami dan menyadari bahaya dari karhutla ini,” ucap Sekda.

Juga akan dibahas lebih lanjut terkait sinkronisasi data pelaporan. Sehingga tidak ada perbedaan antara instansi-instansi yang juga bersamaan melaporkan terkait dengan kriteria kebakaran.

Semua camat juga menyatakan kesiapan sampai ke tingkat desa.

“Kita berharap rapat bisa lebih memantapkan kesiapan. Nanti pada saat diperlukan untuk gelar pasukan. Jadi hal-hal yang ditindak lanjuti BPBD penetapan SK dan sebagainya,” kata Sekda.

Kepala BPBD HSS H Syamsuddin mengatakan, akan membentuk pos komando. Kemudian pos penanganan lapangan juga membuat surat edaran kepada semua camat serta kepala desa untuk membuat posko di kecamatan dan desa.

Tentu semua berkoordinasi dengan stakeholder terkait di Kabupaten HSS.

“Diimbau kepada semua masyarakat untuk membuka lahan pertanian tidak dengan membakar lahan. Tentunya kita melihat dampaknya dari pembakaran lahan. Asap dapat mengganggu kesehatan kita semua,” katanya.

Tentu pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak kecamatan, desa, perusahaan dan SKPD, untuk menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tempat atlet Muaythai Indonesia HSS berlatih di Jalan Murni Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya. Foto-apahabar.com/Nuha

HSS

Persiapan Porprov XI, Muaythai Indonesia HSS Waspadai Atlet Daerah Ini
apahabar.com

HSS

Tiga Desa di HSS Dicanangkan Bebas Rentenir
apahabar.com

HSS

Lewat Video Conference, Achmad Fikry Beri Semangat Tenaga Medis
apahabar.com

HSS

Semarak Karnaval Pembangunan dan Mobil Hias di HSS
apahabar.com

HSS

Perkuat Kemitraan, Pemkab HSS Jalin Silaturahmi dengan Wartawan
apahabar.com

HSS

Siswa HSS Wakili Kalsel untuk Paskibra Nasional
apahabar.com

HSS

Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Buat Guru
apahabar.com

HSS

H-4 Ramadan, Stand Pasar Ramadan di HSS Terisi Penuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com