Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Antisipasi Salah Sasaran, Wali Kota Banjarbaru Luncurkan Kartu Kendali Elpiji

- Apahabar.com     Selasa, 29 Juni 2021 - 13:31 WITA

Antisipasi Salah Sasaran, Wali Kota Banjarbaru Luncurkan Kartu Kendali Elpiji

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin saat meluncurkan kartu kendali gas elpiji 3 kg. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Mengantisipasi salah sasaran dan kelangkaan akibat tingginya harga gas elpiji 3 kg, Pemerintah Kota Banjarbaru meluncurkan kartu kendali.

Peluncuran kartu kendali itu dilaksanakan di halaman kantor Kelurahan Loktabat Selatan Jalan RO Ulin,  Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru.

“Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari penerbitan kartu kendali ini, yakni untuk menyalurkan gas 3 kg bersubsidi tepat sasaran, untuk mengendalikan kebutuhan gas 3 kg dalam 1 bulan, untuk optimalisasi pendistribusian dan untuk meminimalisir ketidakstabilan harga,” ujar Wali Kota Banjarbaru, M , Selasa (29/6).

Kartu kendali ini, kata Aditya akan diterbitkan sebanyak 13.000 kartu tergantung kecepatan pendataan kepala keluarga miskin dan usaha mikro yang dibantu para agen.

“Kartu kendali adalah program baru dan petunjuk teknisnya tidak terperinci dari kementerian, maka kami membandingkan dengan tempat yang sudah melaksanakan kartu kendali, seperti di Banjarmasin,” ucapnya.

Banjarbaru sendiri sebelumnya sudah menerapkan 2 kartu kendali, yaitu kartu kendali keluarga miskin (KKM) dan kartu kendali usaha mikro (UM).

“Serta gen yang ada di Kota Banjarbaru ada berjumlah 6 agen, 308 pangkalan, di distribusi dari bertamina 175.230 tabung perbulan. Kita juga mengumpulkan jumlah keluarga miskin yang sudah terdaftar di Dinas Sosial Banjarbaru serta data dari setiap kelurahan se-Kota Banjarbaru untuk menjadi dasar,” terangnya.

Aditya berterima kasih kepada jajaran dinas sosial dan dinas koperasi, tenaga kerja dan UMKM Banjarbaru yang sangat membantu dengan mempercepat proses pendataan kepala keluarga miskin dan usaha mikro di Kota Banjarbaru.

“Saya berharap dengan adanya kartu pelanggan sebagai kartu kendali ini serta dengan zonasi agen dan pangkalan gas ini, ke depannya mampu meminamilisir berbagai permasalahan dalam proses pendistribusian gas elpiji di masyarakat, seperti terjadinya antrian panjang warga untuk mendapatkan gas 3 kg, kelangkaan pasokan gas dan harga jual yang terlalu tinggi,” jelasnya.

“Semoga dengan upaya dan ikhtiar kita pada hari ini akan membawa kemudahan bagi masyarakat, yakni pemerataan terjaminnya hak warga untuk memperoleh gas dengan harga murah dan terjaminnya ketersediaan Banjarbaru, sehingga penyalurannya tepat sasaran dan tepat harga,” tuntasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Abdul Basid melaporkan program pelaksanaan kartu kendali adalah salah satu program untuk mendukung program kerja 100 hari Wali Kota Banjarbaru.

“Permasalahan ketidakstabilan harga elpiji 3 Kg bersubsidi 3 tahun terakhir membuat masyarakat Kota Banjarbaru cukup resah. Melihat permasalahan tersebut Pemerintah Kota Banjarbaru melalui kami mengambil sikap agar segera mengatasi permasalahan yang dimaksud dengan disetujuinya pelaksanaan program kartu kendali oleh Wali Kota Banjarbaru,” ujarnya.

Maka, lanjut Basid pihaknya mulai mensosialisasikan kartu kendali ini sejak 6 April 2021 dibantu kelurahan.

“Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menyalurkan elpiji 3 kg bersubsidi tepat sasaran kepada kepala keluarga miskin (KKM) dan usaha mikro (UM), mengatur dan mengendalikan kebutuhan elpiji 3 kg dalam 1 bulan untuk kepala keluarga miskin dan usaha mikro,” tegasnya.

Optimalisasi pengawasan dan pendistribusian gas elpiji 3 kg melalui kartu kendali ini, katanya bakal meminimalisir ketidaksatabilan harga elpiji 3 kg di kios-kios.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pesan Ririen Nadjmi Saat Menghadiri Pelantikan HIMPAUDI Banjarbaru

Pemko Banjarbaru

Pesan Ririen Nadjmi Saat Menghadiri Pelantikan HIMPAUDI Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Gerai Pelayanan Publik Terpadu Banjarbaru Diresmikan
Banjarbaru

Pemko Banjarbaru

Beda Hasil Swab-PCR di Banjarbaru, Dinas Kesehatan Beber Sederet Kemungkinannya
Cegah Anak Terjerumus Narkoba, Ririen Nadjmi: Perhatian Orang Tua Itu Penting

Pemko Banjarbaru

Cegah Anak Terjerumus Narkoba, Ririen Nadjmi: Perhatian Orang Tua Itu Penting
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Adhani : Lulusan Pesantren Punya Hak Pendidikan yang Sama
Kalapas Kelas II B Banjarbaru, Amico Balalembang. Foto-apahabar.com/Hasan.

Pemko Banjarbaru

Pak Walikota! Lapas Banjarbaru Minta Ambulans
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi buka Pencak Silat Tournament se Kalsel
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Adhani Hadiri Peletakan Batu Pertama USB SDN 3 Landasan Ulin Utara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com