BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas Polemik Dugaan Penyelewengan Dana Bumdes Saradang Tabalong Kembali Meruncing

AS Disebut Akan Donasi 500 Juta Vaksin Pfizer untuk Dunia

- Apahabar.com Kamis, 10 Juni 2021 - 09:07 WIB

AS Disebut Akan Donasi 500 Juta Vaksin Pfizer untuk Dunia

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto-dok

apahabar.com, JAKARTA – Amerika Serikat dilaporkan akan mendonasikan 500 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Pfizer/BioNtech untuk lebih dari 100 negara di dunia.

Melansir CNN Indonesia, tiga sumber mengatakan kepada Reuters bahwa donasi ini akan disalurkan melalui program vaksin Covid-19 di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Covax.

Menurut sumber-sumber itu, donasi tersebut akan terbagi menjadi dua tahap. Pertama, AS akan mendistribusikan 200 juta dosis tahun ini.

Setelah itu, AS akan mendonasikan 300 juta dosis vaksin Pfizer ke 92 negara berpendapatan rendah dan Uni Afrika pada paruh awal 2022.

Berdasarkan keterangan sumber itu, Presiden Joe Biden akan mengumumkan skema donasi vaksin Pfizer ini di sela rapat G7 di Inggris pada hari ini, Kamis (10/6) waktu setempat.

Selain itu, CNBC juga melaporkan bahwa AS sedang membahas pembelian sejumlah dosis vaksin Covid-19 dari Moderna untuk disumbangkan ke negara lain.

Juru bicara Moderna mengatakan bahwa pihaknya tertarik dengan kemungkinan pembelian vaksin dari mereka untuk didonasikan ke negara berpendapatan rendah.

Biden sendiri sudah menyatakan bahwa ia akan mengumumkan program donasi vaksin Covid-19, tapi belum ada penjelasan lebih lanjut.

AS memang sedang menjadi perhatian karena sudah memvaksinasi sekitar 64 persen populasi dewasa di negaranya, sementara negara-negara lain, seperti Brasil dan India, masih kesulitan mendapatkan vaksin.

Biden pun mengucurkan dana US$4 miliar atau setara sekitar Rp57 triliun untuk program Covax yang digagas oleh WHO.

Meski sejumlah pihak menganggap keputusan Biden ini sebagai respons atas diplomasi vaksin China dan Rusia, kalangan pemerhati tetap mengapresiasi AS.

“Tindakan [Biden] ini mengirimkan pesan luar biasa mengenai komitmen Amerika untuk membantu dunia melawan pandemi ini,” ujar Tom Hart, kepala eksekutif lembaga swadaya masyarakat bidang kemiskinan dan pencegahan penyakit, The ONE Campaign.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kim Kardashian

Internasional

Enam Tahun Menikah, Kim Kardashian Gugat Cerai Kanye West, Ini Sebabnya!
Dokter

Internasional

Dokter Ungkap Gejala Mengerikan 3 Pasien Covid-19, Hingga Bola Mata Dicopot
apahabar.com

Internasional

AS Tertinggi, Indonesia Tempati Urutan 23 Dunia Sebaran Kasus Covid-19
Suriah

Internasional

Serangan Bom pada Bus di Deir al-Zor Suriah, 28 Orang Tewas
apahabar.com

Internasional

Tembak Jatuh Pesawat Ukraina, Iran Minta Maaf
apahabar.com

Internasional

Fang Xinghai Berharap Hubungan China-AS Lebih Baik di Bawah Pemerintah Joe Biden
apahabar.com

Gaya

Blokir TikTok, AS Berani Ikuti India?
Hamas

Internasional

Setelah 11 Hari Pertempuran, Gencatan Senjata Hamas-Palestina Dimulai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com