Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN!

Batal Berangkat, Kemenag: JCH Dapat Ajukan Pengembalian Setoran Lunas

- Apahabar.com Jumat, 4 Juni 2021 - 16:39 WIB

Batal Berangkat, Kemenag: JCH Dapat Ajukan Pengembalian Setoran Lunas

Ilsutrasi calon jemaah haji. Foto: Okezone

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan tak akan memberangkatkan jemaah calon haji (JCH) pada tahun ini.

Bagi mereka yang batal berangkat dapat mengajukan pengembalian setoran pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) yang telah dibayarkan.

“Calon jemaah haji batal berangkat tahun ini dan sudah melunasi Bipih, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan,” ujar Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU) Kemenag, Ramadan Harisman dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir Antara, Jumat (4/6).

Dalam proses pengembalian setoran pelunasan, ada tujuh tahapan pengembalian. Pertama, JCH mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada kepala kankemenag kabupaten/kota tempat mendaftar haji dengan menyertakan syarat-syarat.

Ramadan menjelaskan, syarat itu, seperti bukti asli setoran lunas Bipih yang dikeluarkan oleh bank penerima setoran (BPS) Bipih, fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama jamaah calon haji dan memperlihatkan aslinya, fotokopi KTP dan memperlihatkan aslinya, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Kedua, permohonan jamaah tersebut akan diverifikasi dan divalidasi oleh kepala seksi yang membidangi urusan penyelenggaraan haji dan umrah pada kankemenag kabupaten/kota. Jika dokumen dinyatakan lengkap dan sah, kasi haji akan melakukan input data pembatalan setoran pelunasan Bipih pada aplikasi Siskohat.

Ketiga, kepala kankemenag kabupaten/kota mengajukan permohonan pembatalan setoran pelunasan Bipih secara tertulis dan dikirimkan secara elektronik kepada Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri dengan tembusan kepada kepala kanwil kemenag provinsi.

Keempat, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri menerima surat pengajuan permohonan pembatalan setoran pelunasan Bipih dan melakukan konfirmasi pembatalan setoran pelunasan JCH pada aplikasi Siskohat.

Kelima, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri atas nama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam hal ini Badan Pelaksana BPKH.

Keenam, BPS Bipih setelah menerima surat perintah membayar (SPM) dari BPKH, segera melakukan transfer dana pengembalian setoran lunas Bipih ke rekening jamaah calon haji dan melakukan konfirmasi transfer pengembalian setoran pelunasan pada aplikasi Siskohat.

Terakhir, jemaah menerima pengembalian setoran pelunasan melalui nomor rekening yang telah diajukan pada tahap pertama.

“Seluruh tahapan ini diperkirakan akan berlangsung selama sembilan hari. Dua hari di kankemenag kabupaten/kota, tiga hari di Ditjen PHU dan dua hari di Badan Pengelola Keuangan Haji [BPKH]. Kemudian, dua hari proses transfer dari bank penerima setoran ke rekening jemaah,” katanya.

Ramadan menegaskan meski setoran pelunasannya diambil, mereka tidak akan kehilangan statusnya sebagai CJH yang akan berangkat pada tahun depan.

“Jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 1443 H/2022 M,” kata dia.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Dangdut

Nasional

Korban Kecelakaan Beruntun, Seorang Personel Grup Dangdut Trio Macan Luka Berat
apahabar.com

Nasional

LSI: Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo Relatif Stagnan

Nasional

Dokter Akui Sempat Stres Tangani Pasien Corona 
apahabar.com

Nasional

Raja dan Ratu Belanda Akhirnya Batal ke Palangka Raya
Vaksin Covid-19

Nasional

Simak Perpres 14/21, Masyarakat Menolak Vaksin Covid-19 Terancam Sanksi
apahabar.com

Nasional

Artis-artis Berikut Berpotensi Duduk di Senayan, Salah Satunya Aktris Cantik Asal Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Unair DO Gilang ‘Bungkus’ Terduga Fetish Jarik
apahabar.com

Nasional

Biang Kerok Banyaknya Tenaga Honorer di Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com