Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Batik Air Samarinda-Jakarta Gagal Terbang

- Apahabar.com     Rabu, 30 Juni 2021 - 09:29 WITA

Batik Air Samarinda-Jakarta Gagal Terbang

Ilustrasi Batik Air. Foto-Investor Daily/Gora Kunjana

apahabar.com, JAKARTA – Batik Air gagal terbang dari Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur, ke Jakarta pada Senin (28/6).

Pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan karena merasa struktur permukaan aspal pada landas hubung (taxiway) seperti tidak normal atau berbeda dengan yang seharusnya.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6257 direncanakan terbang dari Samarinda pukul 15.15 WITA. Pesawat diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 16.20 WIB.

Danang menjelaskan pesawat sudah sempat bergerak menuju landasan pacu (runway) melalui taxiway. Namun, ketika berada tepat di taxiway, pilot menemukan sesuatu yang janggal.

“Pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan (menghentikan pergerakan pesawat) dikarenakan merasakan struktur permukaan aspal pada landas hubung seperti tidak normal (berbeda sebagaimana semestinya),” ungkap Danang dalam keterangan resmi, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (30/6).

Lalu, pilot berkomunikasi dengan petugas lalu lintas udara dan petugas layanan darat (ground handling) untuk melakukan pengecekan. Batik Air pun menerima konfirmasi bahwa taxiway harus dilakukan pengecekan.

“Guna mempermudah proses pergerakan posisi pesawat ke landasan parkir (apron) dengan cara didorong, untuk mengurangi beban pesawat, maka seluruh tamu dan kargo diturunkan,” jelas Danang.

Seluruh tamu dikembalikan ke ruang tunggu untuk mendapatkan pelayanan dan informasi lebih lanjut. Danang menyatakan proses penarikan pesawat butuh waktu hingga tiga jam.

Saat ini, posisi pesawat sudah berada di landasan parkir. Batik Air menunda keberangkatan setelah mendapatkan informasi bahwa taxiway masih diperbaiki.

Sementara, waktu operasional bandara tersebut sudah habis dan kondisi sudah gelap. Dengan demikian, penerbangan dari Samarinda ke Jakarta tidak bisa dilanjutkan.

“Batik Air memberikan keterangan kepada seluruh tamu secara jelas, berdasarkan perkembangan penerbangan ID-6257 dipindahkan hari berikutnya, Selasa (29/6),” tutur Danang.

Ia menambahkan operasional dan layanan Batik Air mulai beroperasi normal kemarin. Hal ini setelah taxiway dinyatakan memenuhi kualifikasi persyaratan keamanan penerbangan.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Anggota TNI Tewas

Nasional

Anggota TNI Tewas Mengenaskan Usai Dikeroyok Sekelompok Pemuda
apahabar.com

Nasional

Ungkap Kematian Editor Metro TV, Polisi Cari Barbuk Lain
apahabar.com

Nasional

Foto Istri Ifan Seventeen Ini Bikin Warganet Mewek
Joko Widodo

Nasional

Presiden Jokowi Sebut Bandara Toraja Dapat Majukan Sektor Ekonomi
JK

Nasional

Soroti Kepemimpinan Taliban, JK: Mereka Harus Berubah
Mafia Tanah

Nasional

Perseteruan Dino Djalal Vs Fredy, Bongkar Ulah Mafia Tanah
apahabar.com

Nasional

Konflik Nelayan di Bengkulu, Kapal Trawl Diserang!

Nasional

Viral Gibran Rakabuming Duduk di Meja Depan Menteri PUPR, Begini Faktanya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com