Lebarkan Sayap, bjb Sekuritas Rambah Investasi Pasar Modal Jabar Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Gugatan Jilid II Denny Indrayana Rontok, MK Kuatkan Kemenangan BirinMu Coffee Shop Banjarmasin Dibobol Maling, Terekam CCTV Pelaku Telanjang Bulat PPKM Level IV, Covid-19 di Banjarmasin-Banjarbaru Malah Naik….

Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin

- Apahabar.com     Kamis, 24 Juni 2021 - 22:36 WITA

Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin

Demonstrasi #SaveKPK jilid II di Banjarmasin yang mulanya berjalan damai tiba-tiba berlangsung ricuh. Belasan polisi-mahasiswa luka-luka dalam bentrokan. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Demonstrasi #SaveKPK jilid II di Banjarmasin yang mulanya berjalan damai tiba-tiba berlangsung ricuh.

Sejumlah mahasiswa dan polisi terlibat saling dorong saat massa aksi mulai mendekati Gedung DPRD Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kamis (24/6).

Sepatu hingga botol beterbangan. Selain menembakan water cenon untuk memecah konsentrasi massa, sejumlah pentungan juga dilayangkan petugas yang kalah jumlah ke arah pedemo.

Bentrok pun terjadi. Beberapa di antaranya, baik petugas maupun pedemo, harus dilarikan ke RS Bhayangkara.

Demonstrasi oleh aliansi mahasiswa dari BEM se-Kalimantan Selatan itu baru berakhir sekitar pukul 16.40. Bukan lantaran tuntutan mahasiswa bertemu dengan Ketua DPRD Kalsel Supian HK terpenuhi, melainkan karena guyuran hujan sejak pukul 17.00.

Sempat melanjutkan seruan-seruannya menolak upaya pelemahan terhadap KPK lewat akal-akalan tes wawasan kebangsaan (TWK), aksi mereka berakhir tak lama setelah azan magrib.

“Karena sudah terlalu lama, masa aksi juga sudah mulai panas kami menghindari chaos dan sebagainya, sehingga kami memilih mundur,” ujar Koordinator Wilayah BEM se Kalsel, Ahmad Renaldi

Sejatinya, mereka menuntut agar Ketua DPRD Kalsel Supian HK menemui mereka untuk menyampaikan pernyataan sikap ke Presiden RI Joko Widodo.

Sekalipun membubarkan diri, Renaldi memastikan bahwa para mahasiswa akan kembali mendatangi Rumah Banjar dengan massa yang lebih besar.

Tuntutannya tak hanya menolak segala upaya terhadap pelemahan KPK, melainkan juga agar Supian HK mundur dari jabatannya sebagai orang nomor satu di DPRD Kalsel.

“Sampai sekarang Pak Supian HK tak datang memenuhi tuntutan kami. Dan kami minta ia turun dari jabatannya,” katanya.

Penjelasan Kapolresta  

Diwawancarai terpisah, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan menilai pengawalan aksi demo tadi cukup kondusif sekalipun sempat diwarnai aksi saling dorong.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Perkelahian di Lapo S Parman Banjarmasin, Seorang Pemuda Tertusuk
Ibnu Sina

Banjarmasin

RESMI! Banjarmasin Terapkan PPKM Level IV Selama 2 Pekan
Ilustrasi. Foto-Net

Banjarmasin

Persiapan PSU Pilwali, KPU Banjarmasin Cetak Puluhan Ribu Surat Suara
curanmor

Banjarmasin

Pelaku dan Penadah Curanmor di Banjarmasin Selatan Dibekuk Polisi
Banjarmasin

Banjarmasin

Kendala Utama Pencarian Polisi yang Tenggelam Saat Memburu Buron Penganiayaan
Banjarmasin

Banjarmasin

Polisi Tewas di Sungai Martapura, Sudah 2×24 Jam Faisal Diperiksa Intens
Ibnu Sina

Banjarmasin

Pengganti Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Masih Tanda Tanya
YN'S Center

Banjarmasin

Laksanakan Program Ramadan Sebulan Penuh, PWI Kalsel Apresiasi YN’S Center
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com