Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas Sopir Truk Terguling di A Yani Banjarmasin Bakal Tersangka!

Berantas Premanisne, Kapolda Kaltim: Di Sini Nggak Ada Tempat untuk Preman

- Apahabar.com     Selasa, 15 Juni 2021 - 14:52 WITA

Berantas Premanisne, Kapolda Kaltim: Di Sini Nggak Ada Tempat untuk Preman

Kapolda Katim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Instruksi Kapolri untuk memberantas premanisme bukanlah isapan jempol belaka. Polda Kaltim pun turut menegaskan untuk melakukan penindakan terhadap aksi premanisme.

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberi ruang kepada aksi premanisme.
Irjen Herry juga menginstruksikan jajarannya agar tidak takut dengan preman. Tindakan pun harus dilakukan bilamana preman mulai berulah dan meresahkan masyarakat.

“Nggak boleh ada preman, nggak ada tempat untuk preman. Saya sudah pesan kepada Kapolresta, jangan takut sama preman,” tegas Irjen Herry.

Irjen Herry mengatakan pihaknya akan melakukan edukasi terhadap masyarakat agar tidak coba-coba untuk melakukan tindakan premanisme.

Sebab pihaknya tak main-main dengan tindakan yang akan diambil dari jajaran kepolisian. Sudah pasti berakhir di jeruji besi menanti para preman yang meresahkan tersebut.

“Yang jelas kita melakukan edukasi kepada masyarakat, nggak boleh ada praktik premanisme. Kalau sudah dikasih tahu begitu tapi masih gaya-gaya preman juga ya kita tindak. Nggak ada cara lain, karena orang suka nyoba-nyoba, ya kita tindak,” katanya.

Memang sejauh ini situasi di Kaltim masih terbilang aman dari aksi premanisme yang melakukan tindakan pemalakan kepada masyarakat. Namun yang menjadi sorotan ialah bentuk premanisme dengan mengerahkan massa dalam suatu konflik. Sebab tindakan seperti ini biasanya di-backup oleh oknum tertentu.

“Saya kira kalau praktik premanisme seperti malak-malak itu saya kira nggak ada, tapi praktik preman yang lainnya misalnya ada konflik lah, menyelesaikannya dengan mendatangkan massa. Itu yang kita minta jangan terjadi. Kalau itu pasti melibatkan aktor intelektual. Makanya kami minta aktor yang intelektual itu jangan menggerakkan massa atau membawa orang sehingga terjadi praktik premanisme itu,” jelasnya.

Irjen Herry mengimbau kepada masyarakat agar tidak berbuat onar ataupun konflik yang berujung pada perkelahian. Sebab menurutnya penyelesaian dengan cara kekerasan akan merugikan banyak pihak.

“Saya yakin kita memiliki kearifan, persoalan pasti ada tapi bisa kita selesaikan dengan baik-baik, tidak harus dengan membenturkan masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Wali Kota Balikpapan

Kaltim

Babak Baru Dugaan Ijazah Palsu Wali Kota Balikpapan Terpilih
Teror Buaya

Kaltim

Sering Muncul, Teror Buaya di Laut Balikpapan Bikin Was-was
Nelayan Manggar

Kaltim

Melaut di Perairan Telake Kaltim, Nelayan Manggar Menghilang

Kaltim

Besok Presiden Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Balikpapan, Berikut Agendanya
apahabar.com

Kaltim

Titik Hotspot Kebakaran di Kaltim Meningkat

Kaltim

Janji Menang Terbayar, Persiba Taklukkan PSBS Biak 2-0
apahabar.com

Kaltim

Bertambah 1, Postif Covid-19 di Kaltim Jadi 154 Kasus
PPKM Darurat

Kaltim

PPKM Darurat Jadi PPKM Level Empat, Penutupan Jalan di Balikpapan Masih Ada
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com