Raisya, Gadis Kelua Tabalong yang Hilang Sempat Ingin Mondok Alokasi Rp 1,5 M, Kawasan Siring Piere Tendean Banjarmasin Bakal Dipagar Dimotori Arul Efansyah, Eks Power Metal Dirikan Band XREAL Ditertibkan, Belasan Supeltas di Alalak Batola Diingatkan Jangan Pungli Kecelakaan Beruntun Berujung Maut, Pengemudi Diduga Konsumsi Miras

Bersihkan Lahan, Warga Balikpapan Kaget Temukan Mortir Perang Dunia Kedua

- Apahabar.com Rabu, 9 Juni 2021 - 15:55 WIB

Bersihkan Lahan, Warga Balikpapan Kaget Temukan Mortir Perang Dunia Kedua

Unit Jibom Brimob Polda Kaltim melakukan evakuasi mortir yang ditemukan warga di Balikpapan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Warga RT 46 Kekurahan Lamaru, Balikpapan Timur dikejutkan dengan adanya penemuan mortir bekas peninggalan Perang Dunia II pada Selasa (8/6) sekira pukul 16.30 wita.

Bermula saat seorang petani bernama Lin (25) di kawasan tersebut sedang membersihkan lahan merasa curiga dengan benda keras di dalam tanah yang dicangkulnya.

Saat dibongkar lebih dalam lagi kecurigaan makin muncul lantaran bentuk mirip seperti mortir. Lin pun langsung melaporkan penemuan ini kepada Ketua RT setempat dan diteruskan kepada Brimob Polda Kaltim.

“Ada warga menemukan mortir saat bersihkan lahan. Mereka melapor ke kami untuk dilakukan evakuasi terhadap sisa peninggalan perang dunia kedua itu,” Kata Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang pada Rabu (9/6).

Barulah pada Rabu pagi (9/6) Unit Jibom Brimob Polda Kaltim melakukan evakuasi terhadap mortir tersebut. Beberapa menit kemudian proses evakuasi mortir berdiameter 13 centimeter dan berat 6 kilogram ini selesai dilakukan.

“Sudah ditangani Unit Jibom pagi tadi, dan kami bawa ke Mako,” ujarnya.

John mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada dengan barang temuan yang dikira mencurigakan. Segera melaporkan kepada pihaknya untuk segera dilakukan pemeriksaan apakah benda tersebut bahan peledak atau bukan.

“Jangan disentuh, jangan digoyang apalagi di pindahkan. Tetapi karena ketidaktahuannya masyarakat diharapkan lebih berhati-hati ketika menemukan barang tersebut dan segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Bertambah 2 Orang, Positif Covid-19 di Kaltim Menjadi 266 Kasus
apahabar.com

Kaltim

Pemilu 2019, Kaltim Target 77,5 Persen Partisipasi Pemilih
apahabar.com

Kaltim

Bupati Penajam: Jangan Ada Lagi Masyarakat Ditolak BPJS
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Isran Tegaskan Kaltim Sejajar dengan Jawa
Bupati Paser

Kaltim

Hasil Swab Keluar, Almarhum Bupati Paser Negatif Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Belajar Menangkal Hoaks bersama Google dan AJI Samarinda
Warga Binaan

Kaltim

Dapat Hidayah, Warga Binaan Lapas Balikpapan Ini Ketika Bebas Ingin Jadi Guru Ngaji
Rahmad Masud

Kaltim

Resmi Jadi Wali Kota Balikpapan, Ini Janji Rahmad Masud
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com