Cuaca Kalsel Hari Ini: Cerah Berawan, BMKG Minta Waspada Karhutla! Siap-Siap, Perpanjangan PPKM Level IV Banjarbaru Diputuskan Hari Ini POPULER SEPEKAN: Pilgub Kalsel Berakhir, ‘Musuh Harat’ LAPAN Ungkap Fenomena Matahari Memutih Sebab Suhu Dingin Indonesia PPKM Level IV, Sejumlah Cafe hingga Rumah Makan di Banjarmasin Didatangi Petugas

BREAKING! Banjiri Kamboja Banjarmasin, Massa #SAVEKPK Long March ke DPRD Kalsel

- Apahabar.com     Senin, 21 Juni 2021 - 14:29 WITA

BREAKING! Banjiri Kamboja Banjarmasin, Massa #SAVEKPK Long March ke DPRD Kalsel

Satu per satu peserta aksi #Save KPK mulai berdatangan ke Lapangan Kamboja, Banjarmasin, Senin (21/6). apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Satu per satu peserta aksi #SAVEKPK berdatangan ke Lapangan Kamboja, Banjarmasin, Senin (21/6).

Pantauan apahabar.com, mereka terus berdatangan untuk menyuarakan perlawanan terhadap upaya pelemahan lembaga antirasuah itu.

Ratusan peserta demonstrasi yang terkumpul datang secara perorangan serta berkelompok. Warna-warni almameter kebesaran masing-masing kampus mereka memenuhi lapangan Kamboja yang berjarak selemparan batu dengan Gedung DPRD Kalsel sejak pukul 14.00 tadi.

Bedah Problem Pemberantasan Korupsi, AJI Biro Banjarmasin Putar KPK End Game

Usai berkumpul, mereka berencana melakukan long march atau perjalanan ke Kantor DPRD Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat. Sampai berita ini diturunkan, tampak sejumlah aparat kepolisian tengah berjaga menunggu kedatangan massa susulan.

Adapun arus lalu lintas di Jalan Lambung Mangkurat ditutup sementara karena akan ada massa aksi yang memenuhi jalan.

Presiden Mahasiswa (Presma) UIN Antasari, Ilham mengatakan bahwa aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan tentang adanya dugaan upaya pelemahan terhadap KPK. Terutama, melalui tes wawasan kebangsaan (TWK).

Ilham menekankan bahwa alasan utama gelaran aksi tersebut tidak lain adalah sebagai bentuk perjuangan.

Selain itu untuk menyelamatkan lembaga yang seyogyanya menjalankan amanat reformasi yang kini dirasanya semakin dilemahkan dari waktu ke waktu.

“Kami juga akan memobilisasi massa sebanyak mungkin. Karena itu, kami berharap kawan-kawan mahasiswa di kampus lain turut ambil bagian dalam aksi itu,” pungkasnya.

Seperti diketahui isu TWK yang disoroti dalam rencana aksi unjuk rasa itu, diberlakukan kepada pegawai KPK sebagai syarat untuk beralih status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun belakangan, tes tersebut ternyata menimbulkan polemik di masyarakat lantaran isu utama yang diangkat di list pertanyaan TWK tersebut diakui terkesan mengada-ada, bahkan akhirnya dikaitkan dengan sikap radikalisme.

Ujung-ujungnya, sejumlah pegawai KPK yang berkompeten dan di antaranya mereka yang menangani sejumlah kasus yang cukup menghebohkan tanah air pun akhirnya terpaksa harus undur diri dari lembaga antirasuah itu.

Isu Lemahnya KPK Digaungkan, Mahasiswa Siap Geruduk DPRD Kalsel

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jurkani

Banjarmasin

Masih Enggan Bertemu Bawaslu, Denny Suguhkan Ratusan Bakul dari Zona PSU
Delapan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Banjarmasin ditutup dan dipindahkan. Salah satunya TPS di jalan Belitung Darat.

Banjarmasin

TPS di Belitung Darat Banjarmasin Ditutup, Ini Alasannya
PSU Pilgub Kalsel

Banjarmasin

Jelang PSU Pilgub Kalsel, Personel Gabungan di Banjarmasin Gelar Patroli
Banjarmasin

Banjarmasin

Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak
Korban Penganiayaan

Banjarmasin

Derita ABG Korban Penganiayaan di Banjarmasin: Nangis Menahan Sakit, Tak Ada Biaya Berobat
Banjarmasin

Banjarmasin

Jangan Panik, Oksigen di Banjarmasin Aman
Stok Vaksin

Banjarmasin

Stok Vaksin Banjarmasin Hampir Habis, Ratusan Ribu Masyarakat Telah Disuntik

Banjarmasin

Jelang PSU Pilgub Kalsel, Warga Banjarmasin Selatan Ramai Perbaiki KTP Rusak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com