Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara

Bumdes Berkah Mulia Raih Juara 1 Expo Kalsel, Arutmin Ikut Bangga

- Apahabar.com     Minggu, 27 Juni 2021 - 15:10 WITA

Bumdes Berkah Mulia Raih Juara 1 Expo Kalsel, Arutmin Ikut Bangga

Bumdes Berkah Mulia Desa Bukit Mulia Kintap Tala Raih Juara I Expo Bumdes 2021 Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – BUMDes Berkah Mulia Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap Tanah Laut meraih juara 1 dalam ajang BUMDes Ekspo Kalsel 2021.

Penghargaan langsung diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar kepada Kepala Desa Bukit Mulia dan disaksikan Manajer Arutmin Kintap, Lutfi Qolbirokhim, Sabtu (26/06) di Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Peringkat satu yang diraih Bumdes Berkah Mulia desa Bukit Mulia Kintap itu bukan tanpa alasan, di bawah binaan PT. Arutmin Site Kintap mampu berinovasi menciptakan berbagai anak usaha kendati usia BUMDes baru berjalan empat tahun.

Dihubungi terpisah, Minggu (27/6) Manager Arutmin, Kintap Lutfi Qolbirokhim mengatakan akan terus mendukung Langkah-langkah masyarakat lingkar tambang untuk mengembangkan kegiatan usaha, sebab ini merupakan suatu komitmen PT Arutmin agar masyarakat lingkar tambang maju dan berkembang.

Salah satu cukup baik saat ini, sebut dia, semangat Bumdes, Berkah Muliah yang turut serta meningkatkan upaya penguatan pangan wilayah diwujudkan melalui pendirian unit-unit usaha pertanian, perkebunan, dan peternakan.

“Dalam proses development unit usaha bidang ketahanan pangan ini Bumdes Berkah Mulia Bermitra dengan PT Arutmin Indonesia Site Kintap,” sebut Lutfi.

Ia bilang, usaha Bumdes Berkah Mulia di bidang penguatan ketahanan pangan, telah melibatkan masyarakat dan akan selalu ditingkatkan Kapasitas serta kualitasnya.

Beberapa unit usaha penting di sektor ketahanan pangan yang sedang berkembang. Di antaranya instalasi dan distribusi air bersih, peternakan kambing boer, peternakan ayam petelur, budidaya tanaman atsiri (sereh wangi), budidaya tanaman hortikultura, dan pengemasan, distribusi beras hasil petani lokal (proses development).

Bumdes Berkah Mulia juga berhasil mengelola sejumlah usaha lain seperti jasa konstruksi, catering, agen pembayaran dan pertades.

“Kami berharap dengan diraihnya penghargaan itu menjadi penyemangat bagi Bumdes Berkah Mulia serta bisa menjadi contoh bagi Bumdes lain di Tanah Laut,” tandasnya.

Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar sebelumnya mengatakan indikator kemajuan sebuah desa dapat dilihat dari perkembangan badan usaha milik desa di Kalsel. Di Kalsel, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kalsel, angka pertumbuhan BumDes mengalami kenaikan.
“Dari 1.864 desa yang tersebar di sebelas kabupaten, sudah terbentuk 1.482 BUMDes atau 79,51 persen dari jumlah total desa di Kalsel,” sebutnya.

Dari ribuan BUMDes tersebut ada 45 BUMDes yang berhasil masuk klasifikasi maju dalam satu tahun terakhir. Roy juga mengharapkan agar perkembangan dan promosi BUMDes terus dilanjutkan.

Kemajuan BUMDes dapat menjadi pendukung perekonomian lokal di tingkat desa untuk mewujudkan desa mandiri yang dapat memenuhi kebutuhannya masing-masing.

“Melalui expo ini, kita sebenarnya sudah masuk dalam arena promosi. Kita perlu promosi yang berkelanjutan dan perlu didorong keterampilannya dalam memanfaatkan media sosial sekarang ini,” pesannya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tanah Laut

Tanah Laut

Di Tengah Pandemi, Muhammadiyah Tanah Laut Kurban Belasan Ekor Sapi
Tabrak Lari

Kalsel

Dini Hari, Pengendara Motor Tewas Ditabrak Lari di Batu Ampar Tala
Jembatan Darurat Pabahanan

Tanah Laut

Rampung Dibangun, Jembatan Darurat Pabahanan Dapat Dilalui Kendaraan 30 Ton
Tala

Kalsel

Covid-19 Masih Tinggi, Pasar Wadai Ramadan di Tala Ditiadakan
Kapal

Tanah Laut

Tongkang Tabrak Kapal di Muara Kintap, Nelayan Minta Ganti Rugi Miliaran
Kamariah

Tanah Laut

R2T Tala Dampingi Pengobatan Kamariah Penderita Tumor Ganas
apahabar.com

Kalsel

Akhir Misteri Penemuan Tengkorak di Batakan Tanah Laut

Tanah Laut

Polsek Kintap Gelar Apel Gabungan Penanggulangan Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com