Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan Tarif PCR Turun Jadi Rp300 Ribu, Kadinkes Kalsel: Kita Masih Tunggu Jokowi Pinta Harga PCR Rp 300 Ribu, Banjarmasin Siapkan Sanksi

Dewan Barut Apresiasi Realisasi Pembangunan 2 Jembatan Penghubung

- Apahabar.com     Rabu, 30 Juni 2021 - 16:52 WITA

Dewan Barut Apresiasi Realisasi Pembangunan 2 Jembatan Penghubung

Pemancangan tiang pada pembangunan Jembatan Lemo, Kecamatan Teweh Tengah, dilakukan oleh Bupati Barito Utara, H Nadalsyah. Foto-Arif for apahabar.com

apahabar.com, MUARA TEWEH – Mulainya tahapan realisasi pemandangan 2 jembatan penghubung di Kecamatan Teweh Tengah dan Kecamatan Montallat oleh pemerintah kabupaten mendapat apresiasi dari wakil rakyat di DPRD Barito Utara (Barut), Kalteng.

Dua jembatan penghubung tersebut, yakni Jembatan Lemo di Kecamatan Teweh Tengah yang pada hari ini dimulai dengan pemancangan tiang pertama dan Jembatan Sikan-Tumpung Laung di Kecamatan Montallat yang pemancangannya sudah beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua I DPRD Barut, Parmana Setiawan, mengatakan dirinya sangat mengapresiasi pembangunan sarana penghubung tersebut karena akan berpengaruh pada roda pemerintahan juga perekonomian nantinya.

Jembatan Lemo misalnya, kalau jembatan ini sudah bisa dimanfaatkan nantinya akan memangkas jalur transportasi dari Muara Teweh-Palangka Raya.

“Kalau bisanya kita dari Muara Teweh ke Palangka Raya harus melewati Ampah, Kabupaten Barito Timur dan Buntok, Kabupaten Barito Selatan dengan waktu standar delapan jam akan bisa dipangkas kalau jembatan Lemo bisa dipakai dengan hanya lima jam perjalanan saja,” ungkap Parmana.

Barut

Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Parmana Setiawan. Foto-Istimewa

Diketahui untuk pembiayaan pembangunan 2 buah jembatan tersebut dianggarkan melalui anggaran pemerintah kabupaten dengan sistem multiyears.

Jembatan Sikan-Tumpung Laung akan dibangun dengan panjang bentang utama 400 meter, jembatan pendekat 15 meter dan menggunakan rangka baja dengan biaya sekitar Rp 125 miliar.

Rencana awal, Jembatan Lemo Seberang ini mengunakan desain jembatan gantung. Namun berdasarkan hasil konsultasi dengan komisi keselamatan jembatan, maka direkomendasikan untuk menggunakan jembatan baja.

“Jembatan Lemo Seberang ini sistem pembiayaannya akan sharing dengan Pemprov Kalteng yang mana bangunan bawah akan dibiayai oleh Pemkab Barut, sedangkan untuk pembangunan atas akan dibiayai oleh pihak Pemprov Kalteng,” ujarnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Barut

DPRD Barut dan DAD Bahas Raperda Kelembagaan Adat Dayak
Barut

DPRD Barut

Legislator Barut: Pertanian Mesti Mengarah pada Skala Ekonomis

DPRD Barut

Anggota Dewan Barut Minta Warga Waspada Banjir
Sidang Paripurna

DPRD Barut

Sidang Paripurna, Dewan Barut Dengarkan Rancangan Perubahan KUA
Disdik

DPRD Barut

DPRD Barut Bersama Disdik Bahas Pembelajaran Tatap Muka
legislator barut

DPRD Barut

Legislator Barut Minta Masyarakat Jaga Kerukunan Umat Beragama

DPRD Barut

Bantu Kampus Baru STIE Muara Teweh, PT SMM Dapat Apresiasi Dewan Barut
apahabar.com

DPRD Barut

Reses ke Desa Datai Nirui, DPRD Barut Serap Keluhan Infrastruktur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com