Duduk Perkara Viral Wanita Kurau Dibegal hingga Pingsan Depan Basarnas Banjarbaru Jembatan Alalak Megaproyek Terakhir Kalsel? Habib Banua: Dirjen Permalukan Presiden Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Terapkan PPKM Level II, Pasien Covid-19 Tanbu Kini Tersisa 11 Orang Detik-Detik Laka Maut Sepagar Kotabaru yang Tewaskan Reski dan Ibunya

Heboh Rampok di ATM Banjarmasin, Berikut Tips Aman Transaksi

- Apahabar.com     Selasa, 29 Juni 2021 - 18:37 WITA

Heboh Rampok di ATM Banjarmasin, Berikut Tips Aman Transaksi

Ilustrasi transaksi di ATM. Foto-Shutterstock

apahabar.com, BANJARMASIN – Aksi perampokan di ATM Banjarmasin menyita perhatian publik. Walau pelakunya sudah berhasil diamankan, buka mustahil kejahatan serupa terjadi lagi.

Makanya pengguna Anjungan Tunai Mandiri patut meningkatkan kewaspadaan. Berikut beberapa tips agar transaksi tak mengalami kendala, apalagi perampokan.

1. Perhatikan kondisi ATM yang anda kunjungi. Sebaiknya cari ATM yang ada petugas keamanan. Jangan masuk ke ATM yang sepi. Buat perempuan, sebaiknya jangan melakukan transaksi sendiri di kamar ATM.

2. Tutuplah keyboard saat memasukkan nomor PIN dengan tangan. Ini di maksudkan agar orang yang di belakang anda tidak mengetahui nomor PIN kita. Meskipun tidak ada orang yang sedang antre, sebaiknya tetap lakukan tips tersebut. Ini dimungkinkan ada modus menaruh kamera tersembunyi yang akan mengintai dan mengetahui nomor PIN Anda.

3. Perhatikan lokasi ATM yang akan kamu kunjungi untuk mengambil uang, apakah lokasinya itu sepi, saat mengambil uang di ATM kamu seorang diri tidak ada orang lain yang mengambil uang, atau tidak ada securiti yang menjaganya, lebih baik kamu tidak mengambil uang di ATM tersebut, karena para perampok akan mengincar korban yang seorang diri saat mengambil uang di ATM.

4. Usahakan gantilah nomor PIN secara berkala agar lebih aman. Pernah memberitahu PIN kita kepada orang yang belum akrab.

Apabila mengambil uang pada saat malam hari, usahakan memilih tempat ATM jangan ditempat yang sepi dan waspada dengan orang – orang disekitarnya.

5. Jika kartu ATM anda tertelan dalam mesin ATM, maka mintalah Satpam ATM setempat untuk segera mengisolir lokasi tersebut dengan memberikan pengumuman “Mesin ATM ini rusak”. Segeralah hubungi nomor yang dapat dihubungi untuk menampung keluhan anda. Jika kantor bank yang bersangkutan bersebelahan dengan mesin ATM yang menelan kartu anda tadi, sebelum anda menelepon pihak ATM, sebaiknya mintalah print out rekening untuk mengetahui Outstanding saldo rekening anda pada jam tersebut, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. (misalnya kesalahpahaman mengenai sisa saldo tabungan yang masih anda miliki).

Usahakan setiap anda menelepon menyampaikan keluhan anda, anda wajib mengetahui identitas orang yang anda hubungi tersebut.

6. Selain itu, jika kartu ATM anda tertelan mesin ATM, maka cobalah anda raba lubang masuknya kartu ATM pada mesin ATM yang anda pakai, kalau memang itu permainan dari penjahat dengan modus telan kartu ATM, maka anda akan dapat menemukan suatu alat seperti sejenis jepitan, korek api atau lidi dan sebagainya , cobalah anda tarik benda tsb, Insya Allah kartu anda akan kelihatan terkait disana.

7. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru anda kenal dan menawarkan bantuan kepada anda untuk menelpon costumer service bank tersebut dari handphone orang yang baru anda kenal karena diduga itu bukan nomor costumer service dari bank ATM tersebut

Ingat……! kejadian ini sudah berulang terjadi, jangan sampai anda dan saudara anda menjadi korban berikutnya. – Bagikanlah informasi ini untuk mengingatkan mereka.

8. Selain Itu tetaplah Berhati-hati dan waspada merupakan dasar dari tindakan aman ketika Anda menarik uang di mesin ATM, sebab kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Hal ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh para pelaku “kriminal dadakan” istilahnya begitu. Misal; Anda lupa tidak mengambil kembali kartu ATM setelah melakukan transaksi, Anda hanya mengambil uangnya saja.Kelalaian ini mengakibatkan orang yang antri di belakang Anda memiliki kesempatan untuk bertindak jahat menguras uang dalam rekening Anda.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kalsel Hari Ini Cerah Berawan
apahabar.com

Kalsel

Bangunan Ini Akan Melengkapi Taman Kamboja Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Geger Mayat Pakai Helm Mengapung di Benua Anyar Banjar
TPPD

Kalsel

Program Sosialita dan Badatang Pemkab Tala Diapresiasi TPPD
apahabar.com

Kalsel

Dukungan MUI Diakui Meningkatkan Pelaksanaan Imunisasi Vaksin MR di HSS
Motoris Kelotok Banjarmasin

Kalsel

Keren! Motoris Kelotok Banjarmasin Punya SIM, Berlaku Satu Tahun
apahabar.com

Kalsel

Razia SSA di Banjarmasin, Sempat Kabur Seorang Pemuda Langsung Diborgol
apahabar.com

Kalsel

Catat Janji Bartman di Pilkada 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com