MK Tunda Sidang, H2D Tetap Pede Diskualifikasi BirinMU Prostitusi Online di Banjarmasin Seret Anak-Anak, Sudah Puluhan Remaja Terjaring! 8 Tuntutan Mahasiswa Kalsel Saat Aksi #SaveKPK Sampai ke Sekretariat Presiden Belasan Terduga Pelaku Prostitusi Online Diamankan Polres Banjarbaru, 6 Masih di Bawah Umur Cuaca Kalsel Hari Ini, 11 Wilayah Waspada Hujan Disertai Petir

Jelang PSU Pilgub Kalsel, Warga Banjarmasin Selatan Ramai Perbaiki KTP Rusak

- Apahabar.com Selasa, 8 Juni 2021 - 17:53 WIB

Jelang PSU Pilgub Kalsel, Warga Banjarmasin Selatan Ramai Perbaiki KTP Rusak

Warga Banjarmasin Selatan mengantre di kantor kecamatan . Foto-apahabar.com/Baha

apahabar.com, BANJARMASIN – Sehari menjelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel), warga Banjarmasin Selatan ramai mendatangi kantor Kecamatan pada Selasa (8/6).

Di antara mereka ada yang bermaksud memperbaiki KTP rusak untuk persiapan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (8/6) esok hari.

Padahal, Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah menyebutkan pemilih masih bisa menggunakan KTP yang rusak, asalkan mereka mempunyai surat memilih PSU Pilgub Kalsel.

“KTP yang rusak misalnya patah-patah atau sekadar buram, masih bisa digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk menunaikan hak pilih. Asalkan warga memiliki dan membawa undangan untuk memilih,” ujar Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah.

Rahmi mengatakan bahwa masyarakat kebanyakan masih mempunyai KTP rusak dan hingga saat Pilkada 9 Desember lalu. Sampai sekarang pun, mereka tidak memperbaiki KTP tersebut.

Khusus PSU Pilgub Kalsel, pemilih harus memperlihatkan KTP. Pihaknya berkoordinasi dengan Disdukcapil Banjarmasin, terkait banyak KTP warga yang rusak, hilang dan sebagainya yang tak kunjung diurus warga.

“Maka disdukcapil pun memfasilitasi dengan jemput bola ke kecamatan. Sehingga hari ini, dijadwalkan oleh disdukcapil untuk pembaharuan KTP yang rusak atau hilang, itu,” tuntasnya.

Sementara itu, Mahliana (47) warga Kelurahan Murung Raya mengatakan kedatangannya ke kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan untuk mengurus pindahan alamat dan domisili.

Untuk berpartisipasi dalam PSU Pilgub Kalsel Rabu (9/6) esok hari, dirinya sudah mengetahui hanya cukup memperlihatkan syarat dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan surat undangan memilih.

“Kita tau informasi ini dari petugas RT,” ucap Ibu rumah tangga ini.

Adapun di lokasi percetakan e-KTP. Petugas TNI dan Polri terlihat memantau protokol kesehatan (Prokes).

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Celaka Akibat Jalan Rusak, Pengendara Berhak Klaim Ganti Rugi ke Pemerintah
Ekowisata

Banjarmasin

Parkir di Ekowisata Jembatan Antasan Bromo Banjarmasin Belum Berizin

Banjarmasin

Rumah di Gunung Sari Banjarmasin Disatroni Maling, Penghuninya Dipukul Pakai Keramik
apahabar.com

Banjarmasin

Perhatian, ASN Banjarmasin Wajib Rapid Antigen Sebelum Hadiri Acara Formal
Masker

Banjarmasin

Tiga Jam Giat, 162 Warga Banjarmasin Terjaring Operasi Yustisi
Banjarmasin

Banjarmasin

Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Terlilit Rumput di Gatot Subroto Banjarmasin
SDN

Banjarmasin

SDN di Banjarmasin Laksanakan Try Out US Tatap Muka
SPBU

Banjarmasin

Lindungi Hak Konsumen, SPBU Banjarmasin Ditera Ulang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com