BREAKING! Gugatan Jilid II Denny Indrayana Rontok, MK Kuatkan Kemenangan BirinMu Coffee Shop Banjarmasin Dibobol Maling, Terekam CCTV Pelaku Telanjang Bulat PPKM Level IV, Covid-19 di Banjarmasin-Banjarbaru Malah Naik…. LEGAWA! Tim H2D Ucapkan Terima Kasih ke Warga Kalsel MK Jelaskan Insiden Cegat Mobil di Gugatan Jilid II Denny Indrayana

Kadinkes Tepis Isu Covid-19 Varian Delta Masuk Banjarbaru

- Apahabar.com     Senin, 28 Juni 2021 - 16:25 WITA

Kadinkes Tepis Isu Covid-19 Varian Delta Masuk Banjarbaru

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza. Foto-Net

apahabar.com, BANJARBARU – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza menepis isu adanya Covid-19 varian delta di Kota Idaman.

“Sampai sekarang, saya tidak mendapat laporan terkait itu baik dari provinsi maupun BBTKLPP bahwa ada varian delta yang masuk Banjarbaru, isu itu tidak benar,” ujar Rizana kepada apahabar.com, Senin (28/06) sore.

Meski begitu, ia tak menampik jika ada kemungkinan varian delta masuk Banjarbaru. Sebab, kota berjuluk Idaman ini memiliki bandara dan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Memang tidak menutup kemungkinan karena bandara kita kan buka. Banjarbaru juga tempat persinggahan. Tapi Fakta yang ada saat ini, pasien terkonfirmasi Covid-19 tidak ada yang dilaporkan varian delta,” tegasnya.

Untuk diketahui, varian delta yang awalnya ditemukan di India kini telah menyebar di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan varian tersebut terdeteksi di lebih dari 80 negara dan terus bermutasi saat menyebar.

Penelitian telah menunjukkan varian ini lebih cepat menular bahkan disebut bisa menular hanya dalam beberapa detik.

Lantas, apa antisipasi Dinkes Kota Banjarbaru untuk mencegah masuknya varian delta?

“Kita tidak membedakan virus, mau itu delta atau apa, yang penting kita tetap siaga. Pertama kita tingkatkan lagi pengawasan. Rs sudah siap, bukan cuma Rs Idaman, ada Rs lainnya seperti Rs Auri, Rs Islam Sultan Agung. Kedua, tim kami tetap melakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment), Ketiga, vaksinasi, masyarakat jangan takut vaksinasi, ini sudah dinyatakan aman dan halal,” jawab Rizana mendetail.

Terakhir, ia menyampaikan trend Covid-19 saat ini cenderung turun, meskipun begitu ia tetap meminta masyarakat waspada dan mentaati prokes.

“Melihat angkanya, cenderung turun tapi kita tetap harus waspada. Karena Banjarbaru ini persinggahan, dan bandara ada di tempat kita. Kami mengimbau masyarakat lebih disiplin lagi dalam rangka menjalankan prokes,” tutupnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

WBK

Banjarbaru

Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin Teken Komitmen Zona Integritas WBK dan WBBM
PPKM Level IV

Banjarbaru

PPKM Level IV Banjarbaru: Ribuan Keluarga Penerima Manfaat Terima Beras hingga Uang Tunai

Banjarbaru

Langgar Prokes dan Tak Miliki Izin Usaha, Rumah Makan Tudung Saji di Banjarbaru Ditutup

Banjarbaru

Q-mall Ditutup, Hypermart Banjarbaru Tetap Buka
Bulan Bung Karno

Banjarbaru

Peringati Bulan Bung Karno, PDI Perjuangan Banjarbaru Gelar Lomba Mancing
apahabar.com

Banjarbaru

Pondok Darul Hijrah Bangun Perguruan Tinggi Ilmu Alquran

Banjarbaru

Manusia Gerobak Mulai Bermunculan Jelang Ramadan, Begini Sikap Pemkot Banjarbaru
Kadivpas Kemenkumham Kalsel Sri Yuwono dan Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang Sumber: Humas Lapas Banjarbaru. Foto-Istimewa

Banjarbaru

Bina dan Monitoring Pengendalian UPT di Lapas Banjarbaru, Kadivpas Edukasi Bahaya Narkotika
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com