Lebarkan Sayap, bjb Sekuritas Rambah Investasi Pasar Modal Jabar Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Gugatan Jilid II Denny Indrayana Rontok, MK Kuatkan Kemenangan BirinMu Coffee Shop Banjarmasin Dibobol Maling, Terekam CCTV Pelaku Telanjang Bulat PPKM Level IV, Covid-19 di Banjarmasin-Banjarbaru Malah Naik….

Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas

- Apahabar.com     Jumat, 18 Juni 2021 - 18:34 WITA

Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas

KPU telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kalsel pasca-PSU Kamis malam (18/6). Hasilnya pasangan calon BirinMu kembali unggul. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – KPU akhirnya menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kalsel Kamis malam (18/6).

Hasilnya, Paslon 01 Sahbirin Noor – Muhidin (BirinMU) kembali unggul atas Paslon 02 Denny Indrayana – Difriadi Darjat (H2D).

Hasil rekapitulasi pasca-pemungutan suara ulang itu, BirinMU memperoleh 871.123 suara, sedangkan H2D 831.178 suara. Selisihnya terpaut 39.945 suara.

Meski lebih tinggi dari hasil Pilgub sebelumnya, H2D berkukuh kembali menggugat hasil tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan sederet argumentasi yang sudah disiapkan.

Sesuai aturan, pendaftaran gugatan dapat dilakukan tiga hari pascarekapitulasi. Lantas kapan gugatan itu bakal didaftarkan H2D?

“Insyaallah Senin 21 Juni. Pada dasarnya kami sudah sangat siap,” ujar Tim Hukum H2D Muhammad Raziv Barokah dihubungi media ini Jumat (18/6).

Pihaknya sudah menyiapkan sejumlah bukti, saksi, hingga argumentasi yang akan disampaikan ke hakim mahkamah.

“Terus berjalan, semakin banyak bukti yang terkumpul, saksi-saksi, perkembangan cukup baik,” terang Raziv.

Karenanya, Raziv optimistis gugatan jilid II bakal diterima di MK sekalipun selisih terpaut 39 ribu lebih atau sekitar 2,3 persen.

“Banyak sengketa yang selebih perolehan suara melebihi ambang batas tetap disidangkan MK,” ujar advokat dari Integrity Law itu.

Tak perlu jauh-jauh, ambil contoh perkara sengketa Pilwali Banjarmasin antara pasangan Ibnu Sina – Arifin Noor dengan Ananda – Mushaffa Zakir. Mesti selisih suara mencapai 7 persen, MK tetap menyidangkannya.

“Jadi memang pada dasarnya itu akan menjadi tantangan kami, bukan tidak mungkin untuk tetap melanjutkan gugatan ke MK karena sudah banyak perkara lewat pada ambang batas tapi tetap diperiksa MK,” terang Raziv.

Tak Selegawa Muhidin, Hasil Pilgub Kalsel 2020 Rentan Digugat ke MK

Selisih suara yang cukup signifikan tersebut menurutnya justru bakal menjadi bahan yang dipersoalkan di persidangan nanti.

“Karena salah satu objek permohonan di MK itu perselisihan hasil yang signifikan akibat perolehan yang tidak wajar,” imbuhnya.

H2D memiliki alasan tersendiri mengapa perolehan suara itu dianggap tak wajar. Salah satunya, mengacu hasil penelusuran di TPS yang awalnya menjadi lumbung suara H2D.

“Di situ juga banyak laporan warga setempat, dan ada pengakuan juga ada yang diberikan uang untuk memilih paslon lain,” pungkasnya.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji mempersilakan jika memang H2D hendak menggugat. KPU akan menunggu hal tersebut.

“Silakan nanti. KPU pun nanti tentu akan melakukan jawaban. Ada waktu 3 kali 24 jam menunggu gugatan. 3 hari kerja,” beber Sarmuji, tadi malam.

Respons BirinMu

AKHIRNYA, Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub Kalsel Pasca-PSU Rampung!

Tim Hukum BirinMu tampak percaya diri meladeni gugatan jilid II dari Tim H2D mengingat selisih suara melewati ambang batas.

“Tentu kita selaku Tim Paman Birin ya akan menunggu. Itu hak konstitusional Pak Denny Indrayana dan pasangannya,” ujar Andi Syafrani, Tim Hukum BirinMu, Rabu malam (9/6).

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Politik

Sekretaris DPC PDIP Tanbu Optimis SHM-MAR Unggul di Sari Gadung
apahabar.com

Politik

TKN Ajak Pendukung Jokowi di Kalsel Solid
apahabar.com

Politik

Ketua Karang Taruna Kabupaten Banjar Fahrani Siap Bersaing di Pilkada 2020
apahabar.com

Politik

Pembelotan PAN Kalsel, Pengamat: Pragmatis Bukan Ideologis
apahabar.com

Politik

Di Satui, SHM-MAR Diprediksi Unggul 75 Persen
Paman Birin

Politik

Paman Birin: Jangan Kada Ingat, 9 Desember Datang ke TPS Ada Foto Kami Nang Balaung
apahabar.com

Politik

Paman Birin Komitmen Lebih Mendukung UMKM di Kalsel
apahabar.com

Politik

Bukti Cinta Masyarakat Balangan, Paslon ANIS Terus Dikunjungi Pendukung dari Penjuru Kecamatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com