Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah VIDEO Momen Polisi Banjarmasin Kena Pentung Saat Ricuh #SaveKPK Jilid II Aksi #SaveKPK Banjarmasin Panas, Kepala Petugas Kena Pentung Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Memanas Lagi, 7 Mahasiswa Dirawat! Gugatan Korban Banjir Vs Gubernur Kalsel, Pemprov Sibuk Siapkan Tangkisan

Komisi III DPR RI Datangi Polda Kaltim, Bahas Tambang Liar

- Apahabar.com Kamis, 10 Juni 2021 - 21:26 WIB

Komisi III DPR RI Datangi Polda Kaltim, Bahas Tambang Liar

H Adies Kadir, Anggota Komisi III DPR RI saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Komisi III DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Polda Kaltim dihadiri Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kaltim, Kamis (10/6). Rapat tersebut membahas permasalahan apa saja yang ada di Kaltim.

Usai rapat, rombongan Komisi III DPR RI ini menemui awak media untuk memberikan penjelasan. Yakni pembahasan bersama Polda Kaltim dan Kejati membahas sejumlah hal, salah satunya yang paling disoroti ialah sumber daya alam di Kaltim serta aktivitas tambang liar.

“Kami melakukan fungsi pengawasan terhadap sumber daya alam, kami ingin agar supaya sumber daya alam ini memberikan banyak pendataan anggaran pendapatan negara tapi tidak ingin ada kebocoran-kebocoran dari segi Sumber Daya Alam di Kalimantan Timur ini,” kata H Adies Kadir, anggota Komisi III DPR RI.

Adies menjelaskan bahwa persoalan aktivitas di Kaltim menjadi pokok pembahasan. Yakni kondisi alam yang rusak akibat adanya aktivitas tamban liar, serta tidak ada tindaklanjut dari bekas galian tambang.

“Jadi memang ada beberapa masalah tadi, termasuk dengan tambang-tambang liar, dan bagaimana nasib tambang yang sudah di gali, apakah tidak menyulitkan masyarakat dan lain-lain. Kemudian lahan-lahan dan koridor milik masyarakat adat seperti apa pengelola dari pengusaha dan lain-lainnya,” ungkapnya.

Adies menambahkan pihaknya telah meminta data dari Polda Kaltim terkait tambang liar. Nantinya Komisi III DPR RI secara internal akan menggelar rapat di Jakarta untuk menindaklanjuti permasalahan tambang liar tersebut.

“Memang ada beberapa, lumayan, tapi itu masih dalam tahap penyelidikan juga. Kami masih meminta data lengkap dari Polda, jadi nanti Kapolda akan memberikan datanya, manakala diperlukan kemudian kita bahas di DPR RI di Komisi III di Jakarta,” tambahnya.

Selain soal tambang liar, Komisi III DPR RI juga membahas peredaran narkotika hingga kasus yang tengah ditangani Kejaksaan Tinggi .

“Jadi itulah beberapa hal termasuk tadi nyerempet-nyerempet sedikit dari peredaran narkotika, dan juga masalah penanganan kasus-kasus yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Kaltim,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Tambah 8, Positif Covid-19 Kaltim Jadi 115 orang
Kebakaran Gunung Bugis

Kaltim

Kebakaran Hebat di Gunung Bugis Balikpapan, Musala Al Iklas Tak Tersentuh Api
apahabar.com

Kaltim

Calon Haji Jangan Menghilang dari Rombongan

Kaltim

Angkot Diduga Dibakar, Polres Balikpapan Langsung Lakukan Penyelidikan
Wakapolda Kaltim

Kaltim

Wakapolda Kaltim dan 2.296 Nakes Jalani Vaksinasi
apahabar.com

Kaltim

Respon Keputusan Jokowi, Kaltim Segera Terbitkan SE Libur Nasional 9 Desember

Kaltim

Pura-Pura Tanya Kuota Internet, Ternyata Maling Speaker
apahabar.com

Kaltim

Lima Anggota DPRD Gugat Gubernur Kaltim
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com