Cuaca Kalsel Hari Ini: Cerah Berawan, BMKG Minta Waspada Karhutla! Siap-Siap, Perpanjangan PPKM Level IV Banjarbaru Diputuskan Hari Ini POPULER SEPEKAN: Pilgub Kalsel Berakhir, ‘Musuh Harat’ LAPAN Ungkap Fenomena Matahari Memutih Sebab Suhu Dingin Indonesia PPKM Level IV, Sejumlah Cafe hingga Rumah Makan di Banjarmasin Didatangi Petugas

Lantik Kades Jirak Pugaan, Simak Pesan Wabup Tabalong

- Apahabar.com     Senin, 14 Juni 2021 - 11:05 WITA

Lantik Kades Jirak Pugaan, Simak Pesan Wabup Tabalong

Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi melantik dan mengambil sumpah Kades Pengganti Antar Waktu Desa Jirak, Pansyah. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar com, TANJUNG – Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi, melantik Kepala Desa (Kades) Jirak, di Gedung Olahraga Kecamatan Pugaan, Senin (14/6).

Kades pengganti antar waktu Desa Jirak Kecamatan Pugaan, Pansyah, akan bertugas pada periode 2021-2025.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades Jirak ini menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, tamu undangan yang hadir mencuci tangan dan memakai masker dan menjaga jarak.

Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi, dalam sambutannya berpesan kepada Kades Jirak yang baru dilantik agar dapat segera mulai melakukan tugas-tugas dan fungsinya sebagai Kepala Desa.

“Lakukan tugas-tugas dengan baik dan penuh disiplin, biasakan berkoordinasi dan komunikasi dengan sesama Kepala Desa, dan agendakan dengan baik konsultasi ke atas, seperti Camat, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes dan lain-lain agar jalannya pemerintahan desa dapat berjalan baik, lancar dan aman,” pintanya.

Mawardi mengatakan, seorang Kades adalah pilihan rakyat, karena itu jangan bingung dan jangan pernah ragu untuk memimpin warga yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada saudara.

“Bekerjalah dengan jujur dan sungguh-sungguh sesuai aturan yang berlaku dan jangan sekali-kali mengecewakan apalagi melukai hati rakyat yang telah dengan tulus ikhlas menjadikan kita sebagai pemimpin,” ingatnya.

“Berikanlah hak-hak rakyat sesuai dengan porsinya dan lakukanlah yang terbaik untuk mereka, serta mulailah membangun desa bersama-sama mereka, insyaallah Desa Jirak akan menjadi lebih baik dari yang ada sekarang ini,” sambungnya.

Di samping itu, sebagai kepala desa juga harus berupaya semaksimal mungkin memberikan peluang yang lebih besar bagi desa untuk maju dan berkembang.

Pemerintah juga menghendaki agar Kades dengan seluruh perangkat desa yang ada dapat mendorong dan memotivasi serta menumbuhkembangkan sikap mental masyarakat untuk mampu berprakarsa, berinisiatif dan meningkatkan kreativitasnya serta mampu membangkitkan sikap gotong royong dalam rangka membangun desanya.

Menurutnya, hal ini penting untuk dipahami, karena Kades dengan seluruh perangkat desa adalah merupakan ujung tombak pembangunan di desa.

“Bahkan dapat diartikan bahwa maju atau mundurnya, berkembang dan tidaknya sebuah desa itu sangat tergantung pada kreativitas, daya juang dan kinerja kepala desa dengan segenap perangkat desa yang ada,” jelas Mawardi.

Oleh karena itu, mengingat makin berat dan kompleksnya tugas-tugas Kades ke depan dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat, yaitu terwujudnya pembangunan berkesinambungan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan, diharapkan Kades dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya.

Membekali diri, lanjutnya, dengan mentalitas yang baik dan kesiapan untuk rela berkorban serta selalu siap menghadapi segala persoalan yang muncul di desanya.

“Dengan kesiapan mental, didukung modal pengetahuan yang terus menerus dikembangkan, diharapkan kualitas kinerja Kades dapat lebih diandalkan,” ucap Wabub Tabalong.

Dalam kesempatan itu juga, Wabup H Mawardi berpesan kepada Kades Jirak dan Kades di wilayah Kecamatan Pugaan ini agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

“Karena kita masih di masa pandemi Covid-19, protokol kesehatan sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga,” pungkas Wabup Tabalong, Mawardi.

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Arianto, Camat Pugaan, Rony Saputra beserta unsur Muspika setempat.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Pemkab Tabalong

Sebaran Covid-19 Turun, Tabalong Akan Lakukan Pelonggaran Sektor Ekonomi
TMMD

Pemkab Tabalong

Pastikan Sasaran Fisik Tercapai, Bupati Tabalong Tinjau Lokasi TMMD

Pemkab Tabalong

Pemkab Tabalong Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-turut, Bupati Anang Ucap Syukur
PUPR

Pemkab Tabalong

Dinas PUPR Tabalong Bangun 3 Box Culvert di Wilayah Kecamatan Tanta
Masker

Kalsel

Ke Pasar Tak Pakai Masker, 1 Warga di Tabalong Diminta Pulang

Pemkab Tabalong

Bertambah 9 Orang, Positif Covid-19 di Tabalong Tembus 660 Kasus
Tabalong

Kalsel

Sabar Dulu, Bupati Tabalong Baru Putuskan Sekolah Tatap Muka Siang Ini
Vaksinasi

Pemkab Tabalong

Ribuan Tenaga Pendidik di Tabalong Mulai Divaksin Covid-19 Dosis Pertama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com