Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN!

Malam Ini, AJI Banjarmasin Nobar “KPK The Endgame”

- Apahabar.com Senin, 7 Juni 2021 - 12:52 WIB

Malam Ini, AJI Banjarmasin Nobar “KPK The Endgame”

Asesmen wawasan kebangsaan yang berujung pemecatan 51 pegawai dari 75 orang yang dinyatakan tak lulus TWK itu tak pelak bakal berdampak pada kerja penanganan korupsi. Foto: Independen.id

apahabar.com, BANJARMASIN – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Balikpapan Biro Banjarmasin bersama Banjar Public Initiative (BPI) menggelar nonton bareng (nobar) dokumenter dari Watchdoc berjudul KPK The EndGame, Senin malam ini (7/6).

Nobar dan diskusi itu bakal dilaksanakan di Pendopo Banjar Public Initiative, Jalan Kayutangi 2 Jalur 4, Banjarmasin. Pemutaran film dimulai dari pukul 20.00 Wita.

Koordinator acara pemutaran KPK The EndGame dari Banjarmasin, Syaiful Riki, menjelaskan pemutaran dokumenter digagas untuk mengurai persoalan di tubuh KPK belakangan waktu terakhir.

Kata dia, upaya pemberantasan korupsi di Indonesia memang sedang melalui jalan terjal. Fungsi KPK, kata dia, sebagai lembaga antirasuah pun perlahan seakan terus dilemahkan.

“Mulai dari revisi UU KPK hingga paling teranyar soal Tes Wawasan Kebangsaan yang dianggap janggal, hingga membuat 75 pegawai berpengalaman dinonaktifkan,” ujar Riki.

Beranjak dari itu, Rikki menyampaikan bahwa AJI Balikpapan Biro Banjarmasin mengajak seluruh komunitas, organisasi, lembaga pemerintah/swasta, akademisi dan mahasiswa, dapat menonton bareng dan diskusi film dokumenter karya Watchdoc.

Sementara, pemantik diskusi yakni Deddy Fahmanadie dari Akademisi Hukum Universitas Lambung Mangkurat dan pemantik kedua, yakni Rahmad Hidayat selaku Aktivis Antikorupsi/Banjar Public Initiative. Acara ini dimoderatori oleh seorang jurnalis perempuan, Siti Nurdianti.

Rikki berharap peserta nobar film KPK The EndGame ini dapat menyaksikan secara serius, berdiskusi, dan menyimak dengan baik film.

“Sehingga output kegiatan ini, semua orang membuka mata bahwa kondisi KPK sedang tidak baik-baik saja, lalu mereka turut menyuarakannya bersama-sama,” pungkasnya.

Sebagai pengingat, TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan merupakan syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN berdasarkan Peraturan KPK Nomor 2 Tahun 2021.

Peralihan ini merupakan konsekuensi dari disahkannya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2021 tentang KPK.

Oleh sejumlah pihak, revisi perundangan tersebut dianggap melemahkan pemberantasan korupsi.

Asesmen wawasan kebangsaan yang berujung pemecatan 51 pegawai dari 75 orang yang dinyatakan tak lulus TWK itu tak pelak bakal berdampak pada kerja penanganan korupsi.

Sebagian pegawai merupakan penyidik dan penyelidik kasus-kasus besar, sementara ada pula yang menjadi tim satuan tugas pencarian buronan korupsi.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hiburan

Roger Ungkap Alasan Bacakan Surah Ar Rahman di Pernikahannya

Hiburan

Kisah Jimi Hendrix, Tentara ‘Kriminal’ yang Jadi Dewa Gitar Dunia
apahabar.com

Hiburan

Postingan Ardhito Pramono Trending di Twitter Jadi Cibiran, Baskara Putra Vokalis Band Hindia Merespon
apahabar.com

Hiburan

Mahasiswa Komunikasi Fisip ULM Siap Gelar Jepang Korea Festival 2019
Samsung

Hiburan

Jadi Content Creator? Intip Tips Keren Ala YouTuber Edho Zell!

Hiburan

Senyuman Felicia Tissue Usai Tangisi Kaesang, Netizen: Semangat Kakak
Afgan

Hiburan

Kolaborasi Afgan dan Jackson Wang Sentak Lini Masa Twitter
apahabar.com

Hiburan

Menang Oscar 2019, Film Green Book Penuh Kontroversi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com