BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas Polemik Dugaan Penyelewengan Dana Bumdes Saradang Tabalong Kembali Meruncing

Menteri PPPA Semprot Sinetron Suara Hati Istri: Langgar Hak Anak!

- Apahabar.com Jumat, 4 Juni 2021 - 15:54 WIB

Menteri PPPA Semprot Sinetron Suara Hati Istri: Langgar Hak Anak!

Aktris Panji Saputra dan Lea Ciarachel. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga angkat bicara terkait kontroversi sinetron Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar.

Sinetron tersebut diprotes masyarakat karena memainkan aktris Lia Ciarachel yang masih berusia 15 tahun sebagai istri ketiga.

Bintang Puspayoga menilai sinetron Suara Hati Istri telah melanggar hak anak.

“Sahabat perempuan dan anak, KPPPA menegaskan sinetron “Suara Hati Istri: Zahra” yang ditayangkan media televisi Indosiar merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak anak karena anak 15 tahun diberikan peran sebagai istri ketiga dan dipoligami,” tulis akun Twitter resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Bintang Puspayoga menyayangkan sinetron Suara Hati Istri tersebut ditayangkan.

“Menteri PPPA, Bintang Puspayoga sangat menyayangkan sinetron #SuaraHatiIstri tersebut tidak memerhatikan prinsip-prinsip pemenuhan hak anak dan perlindungan anak,” sambungnya.

Menurutnya, materi sebuah acara seharusnya mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan hak anak dan demi kepentingan terbaik anak, seperti tertuang dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Siaran (P3&SPS).

“Setiap tayangan harus tetap menghormati dan menjunjung tinggi hak anak-anak dan remaja. Wajib mempertimbangkan keamanan dan masa depan anak-anak atau remaja,” kata Bintang Puspayoga.

“Konten apapun yang ditayangkan oleh media penyiaran harus memberi informasi, mendidik, dan bermanfaat bagi masyarakat, terlebih bagi anak. Setiap tayangan harus ramah anak dan melindungi anak,” sambungnya.

“Materi/konten sebuah acara sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3&SPS) harus mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan hak anak dan demi kepentingan terbaik anak,” jelasnya lagi.

Dilansir melalui akun resmi Twitter PPPA, pemerintah tengah berjuang mencegah pernikahan usia anak.

Sehingga setiap media dalam menghasilkan produk apapun yang melibatkan anak, seharusnya tetap berprinsip pada pedoman perlindungan anak.

“Serta mendukung program pemerintah dan mengedukasi masyarakat terkait pencegahan perkawinan anak, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), pencegahan kekerasan seksual, dan edukasi pola pengasuhan yang benar,” lanjutnya.

PPPA meminta agar orang tua pemeran bisa bersikap lebih bijaksana dalam menyetujui peran yang akan dimainkan oleh sang anak.

“Orangtua pemeran seharusnya juga bijaksana dalam memilih peran yang tepat & selektif menyetujui peran yang akan dimainkan oleh anaknya. Hal ini menjadi peringatan dan pengingat bagi seluruh orangtua agar memdahulukan kepentingan terbaik bagi anak,” pungkasnya.

Kini, diketahui PPPA sudah melakukan koordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan akan segera melakukan pertemuan dengan rumah produksi sinetron tersebut.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nissa Sabyan

Seleb

Diterpa Isu Perselingkuhan, Nissa Sabyan Mendadak Trending Twitter
Atta Halilintar

Seleb

KNRP Protes Siaran Langsung Lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah
Vaksin

Seleb

Terungkap! Arya Saloka Tak Sedingin Mas Aldebaran di Sinetron Ikatan Cinta?
Ade Londok

Seleb

Ade Londok Blak-blakan Soal Video Viral Remehkan Sule: Bukan Pansos
Artis Nathalie Holscher

Seleb

Blak-blakan! Keluarga Nathalie Holscher Tuding Sule Pakai Pesugihan
Hari Bahagia

Seleb

Siap Jadi Saksi Nikah Atta-Aurel, Bamsoet Lobi Imam Besar Istiqlal
Batu Nisan

Seleb

Seram! Master Limbad Sudah Siapkan Batu Nisan Pribadi

Seleb

Video Seks Mirip Gisel Bikin Heboh, Kekasih Wijaya Saputra Jadi Trending Topic, Polisi Turun Tangan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com