Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

MPA Tamban Catur Kapuas Siaga Karhutla

- Apahabar.com     Jumat, 25 Juni 2021 - 21:03 WITA

MPA Tamban Catur Kapuas Siaga Karhutla

Masyarakat peduli api (MPA) Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas, melakukan demo pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Foto: Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Tim penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas, Kalteng, melakukan kesiapsiagaan terhadap penanganan bencana api di wilayah setempat, Jumat (25/6).

Camat Tamban Catur, Rustamaji, mengatakan, kesiapsiagaan penanganan Karhutla dilakukan pihaknya dengan menggelar apel kesiagaan personel dan peralatan pemadam kebakaran (damkar).

“Selesai apel, giat dilanjutkan dengan demo penggunaan peralataan di mana masing-masing relawan yang tergabung dalam masyarakat peduli api (MPA) melakukan unjuk kebolehan dalam memadamkan api,” katanya di sela kegiatan.

Rustamaji bilang, dalam penanganan karhutla pentingnya koordinasi antar pihak terkait. Karena Karhutla adalah tanggung jawab bersama.

“Jadi, jangan dilihat di mana dan di wilayah siapa. Kewajiban kita untuk saling bahu membahu melakukan tindakan nyata baik dalam pencegahan maupun pemadaman,” ujarnya.

Menurut Rustamaji, MPA juga harus lebih aktif lagi melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat desanya dan tidak bosannya mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan Karhutla.

Sementara itu, Kapolsek Tamban Catur-Kapuas Kuala, Ipda Parmono mengucapkan terima kasih dan mengungkapkan rasa salutnya kepada para MPA yang sudah menampilkan demo penanganan karhutla dengan sangat baik dan hebat.

“Saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kecamatan Tamban Catur yang sudah luar biasa menampilkan penanganan karhutla. Semoga Karhutla tidak terjadi dan Kecamatan Tamban Catur aman dari Karhutla,” pungkas Ipda Parmono.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Vaksinasi

Kalteng

Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kapuas Terkendala
apahabar.com

Kalteng

Bulog Muara Teweh Luncurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai
Kapuas

Kalteng

Lagi, Dua Warga Kapuas Terpapar Covid-19 Hari Ini
Kapuas

Kalteng

Curi Kotak Amal Musala, Warga Basungkai Kapuas Diringkus
apahabar.com

Kalteng

Update Corona di Barito Utara: 3 PDP Negatif Covid-19
Polres Kapuas

Kalteng

Cukup di Motor, Polres Kapuas Siapkan Ratusan Dosis Vaksin
apahabar.com

Kalteng

Mahasiswa, Pelajar dan Santri Ikut Keroyok Karhutla

Kalteng

Polres Kapuas Terima Penghargaan dari Komnas PA, Bupati Beri Apresiasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com