BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas Polemik Dugaan Penyelewengan Dana Bumdes Saradang Tabalong Kembali Meruncing

Noorkhalis Ridha: Pancasila Jangan Sekadar Retorika

- Apahabar.com Rabu, 2 Juni 2021 - 17:11 WIB

Noorkhalis Ridha: Pancasila Jangan Sekadar Retorika

Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam batang tubuh Pancasila, kata anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha, hendaknya benar-benar dapat diimplementasikan secara nyata, terutama arti Pancasila dalam sendi kehidupan masyarakat.

Selain itu, sambung Noorkhalis Ridha, nilai-nilai Pancasila jangan hanya sebatas diserap arti pentingnya saat di bangku sekolah saja. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya itu harus bisa diimplemetasikan dan menjadi contoh.

“Ibarat kata Pancasila itu tidak hanya kita dengar sila-silanya hanya pada hari Senin pagi saat upacara. Tapi alangkah baiknya Pancasila harus hadir disetiap hari dan disetiap relung karya bangsa,”kata Noorkhalis Ridha.

Semua elemen harus bisa menempatkan makna yang tersirat dalam Pancasila, untuk diamalkan dalam wujud nyata perilaku berbangsa.

Contohnya, sebut kader PAN ini, dalam lingkungan masyarakat, setiap sila menjadi pedoman bagi semua lapisan masyarakat yang terdiri atas beragam suku, agama dan budaya.

Mulai dari hormat menghormati, menghargai, tolong menolong, bersatu, bahu membahu bergotong royong, dan menempatkan kepentingan umum, semuanya termuat dan menjadi sebuah jati diri dari kehidupan keberagaman masyarakat yang majemuk.

“Intinya, memaknai Pancasila tidak selesai pada ucapan dan retorika semata, karena bicara Pancasila adalah bicara tentang jalan keteladanan, jalan menebar kebaikan,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya Telah Evaluasi LKPj Wali Kota
Vaksinasi Massal

DPRD Palangka Raya

Sigit Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Massal
DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya Imbau Warga Tidak Mudik Lebaran
apahabar.com

DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya dan Tanbu Bertemu Bahas Program PEN
DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya

Pembahasan Raperda Jamkesda di DPRD Palangka Raya Dilanjutkan
Paripurna

DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya Paripurna Hasil Reses
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com